7 Cara Promosi Makanan di WhatsApp yang Memikat Pelanggan, Bikin Dagangan Makin Laris Manis!
Buat yang punya toko kuliner online, Moms harus mengetahui cara promosi makanan di WhatsApp.
WhatsApp awalnya merupakan aplikasi berkirim pesan yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.
Aplikasi ini kemudian bertambah fungsinya sebagai tempat berbagi informasi dan mempromosikan toko online.
Saat ini WhatsApp banyak digunakan oleh para pebisnis online sebagai wadah untuk melakukan promosi dan mengelola pesanan pelanggan.
Oleh karena itu, nomor WhatsApp ada yang didaftarkan khusus untuk bisnis.
Baca Juga: Review 7 Masker Pelindung untuk Cegah Virus Corona, Mana yang Terbaik?
Cara Promosi Makanan di WhatsApp yang Bisa Dilakukan untuk Pemasaran Bisnis
Foto: www.tyntec.com
Sebelum Moms mengetahui cara promosi makanan di WhatsApp, buatlah nomor khusus untuk digunakan sebagai nomor WhatsApp bisnis.
Dengan memisahkan antara nomor pribadi dan nomor bisnis, Moms bisa lebih fokus menjalankan bisnis makanan dan melakukan cara promosi makanan di WhatsApp.
Setelah memiliki nomor bisnis sendiri, Moms bisa melakukan cara promosi makanan di WhatsApp yang ada di bawah ini:
1. Sering Update Status WhatsApp
Cara promosi makanan di WhatsApp yang pertama adalah sering-seringlah update status. Dengan melakukan update status, maka tingkat visibilitas toko makanan Moms akan semakin tinggi.
Cara promosi ini sebenarnya adalah cara lama karena menitikberatkan pada pengenalan merek dari toko makanan Moms terlebih dahulu.
Tujuannya agar semua orang yang menyimpan kontak nomor bisnis Moms bisa tahu tentang keberadaan toko makanan Moms dan makanan apa saja yang dijual oleh Moms.
Jika masyarakat sudah tahu tentang toko makanan Moms, maka mereka akan selalu menunggu updatean status toko makanan. Dengan begitu, Moms bisa menggunakan status tersebut sebagai ajang promosi.
Normalnya, update status ini bisa dilakukan sebanyak 3-5 kali lebih dalam sehari.
Semakin sering mengupdate status, maka orang akan semakin tertarik untuk melirik bisnis makanan Moms.
Baca Juga: Lelah dengan Notifikasi Grup? Ini Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara dan Permanen
2. Buat Status Story untuk Promosi Lebih Menarik
Foto: dotnextdigital.com
Saat membuat status story untuk promosi, buatlah semenarik mungkin. Buat status story yang antimainstream. Dengan begitu, orang akan tertarik untuk mengetahui bisnis makanan Moms dan mencicipnya.
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, update status story bisa dilakukan sebanyak 3-5 kali dalam sehari. Usahakan untuk melakukan jenis story yang berbeda.
Misalkan saja satu kali untuk memberitahu adanya promo hari itu, satu kali untuk update testimoni dari pelanggan, dan satu lagi untuk memberitahu deskripsi dari produk tersebut seperti rasa dan aromanya.
Dengan membuat status story yang berbeda-beda, calon pelanggan tidak akan merasa bosan dengan update-an story toko makanan Moms.
Calon pelanggan justru semakin tertarik dan merasa penasaran dengan makanan yang Moms jual.
3. Manfaatkan Fitur Grup dan Obrolan One to One
Foto:theconversation.com
Cara promosi makanan di WhatsApp yang selanjutnya adalah dengan memanfaatkan fitur grup dan obrolan one to one.
Buatlah grup khusus untuk para pelanggan sehingga Moms bisa memberikan promosi khusus untuk pelanggan yang setia.
Namun, ingatlah kalau Moms jangan selalu berjualan saja, tapi bangunlah hubungan relasi sehingga suasana di dalam grup akan lebih nyaman. Moms dan pelanggan pun bisa berinteraksi dengan lebih nyaman.
Gunakan promosi dengan cara tidak langsung. Misalkan saja, Moms bisa melakukan edukasi tentang cara penyimpanan makanan yang Moms jual atau melakukan inovasi resep dengan menggunakan makanan yang Moms jual.
Baca Juga: Jangan Panik Dulu, Ini Cara Mengakali WhatsApp yang Down
4. Buat Katalog Makanan dengan Tampilan Unik
Memiliki katalog makanan merupakan hal yang wajib dalam bisnis makanan. Katalog makanan bisa digunakan sebagai cara promosi. Mengapa demikian?
Katalog makanan yang lengkap bisa digunakan untuk mempromosikan semua makanan yang Moms punya sekaligus.
Saat upload katalog makanan, otomatis calon pelanggan akan melihat makanan apa saja yang Moms jual.
Dengan memberikan informasi lengkap tersebut, maka bisa mendorong calon pelanggan untuk melirik makanan yang Moms jual.
Baca Juga: 3 Cara Mengunci Grup WhatsApp untuk Proteksi Ganda
5. Sering Lakukan Diskon
Foto: elshinta.com
Cara promosi makanan di WhatsApp bisa dilakukan dengan banyak metode. Salah satu satunya adalah dengan sering-sering melakukan diskon pembelian.
Diskon ini bisa berupa buy 1 get 1 atau buy 2 get 1. Diskon lainnya bisa berupa potongan harga pada hari-hari tertentu.
Misalkan saja setiap hari Jumat lakukan pemberian diskon sebanyak 10% kepada pelanggan yang melakukan pemesanan di bawah pukul 12.00 siang.
Masih ada lagi contoh diskon lainnya yakni diskon dengan cara diskon paket. Jadi, Moms dapat menggabungkan 2-3 produk makanan yang Moms miliki dan menjualnya dalam bentuk paket.
Misalkan saja promo paket harga Rp50.000 yang di dalamnya terdapat makanan A+B. Kemudian, promo paket harga Rp75.000 yang di dalamnya ada makanan A+B+C.
6. Buat Pesan Siaran dan Bagikan ke Kontak WhatsApp
Cara promosi makanan di WhatsApp selanjutnya adalah dengan membuat pesan siaran atau broadcast dan membagikannya ke kontak yang ada pada nomor WhatsApp bisnis Moms.
Cara ini sudah banyak yang melakukannya dan pastinya sudah bukan hal yang asing lagi.
Pesan siaran ini haruslah menggunakan kata-kata yang bisa mempersuasif calon pelanggan untuk membeli makanan Moms.
Kata-kata yang persuasif ini bisa dibuat dengan menampilkan apa saja kelebihan dari produk makanan Moms.
Misalkan saja dibuat dari bahan organik atau diproses dengan metode tertentu, dan lain sebagainya.
Baca Juga: Mengenal Perbedaan Otak Kanan dan Kiri Serta Fakta Menarik Lainnya
7. Manfaatkan WhatsApp Blast
Foto: digimenuapp.com
Cara promosi yang terakhir adalah dengan meggunakan WhatsApp blast. Banyak orang yang menyamakan broadcast dengan blast. Padahal keduanya ini berbeda.
Untuk broadcast, Moms hanya bisa mengirim pesan ke orang yang sudah menyimpan nomor whatsapp bisnis Moms saja. Jumlah orang yang dikirimi pun lebih terbatas jumlahnya karena maksimum hanya 256 saja.
Sedangkan untuk WhatsApp blast bisa dikirim ke orang yang tidak menyimpan nomor WhatsApp Moms dan jumlah nomor yang bisa dikirimi pesan lebih banyak karena tidak ada batasan jumlahnya.
Itulah beberapa cara promosi makanan di WhatsApp supaya laris manis. Semoga informasi di atas bisa menginspirasi, ya, Moms!
- https://founderactivity.com/cake-business-on-whatsapp/
- https://www.cm.com/en-ke/blog/how-to-attract-customers-to-your-whatsapp-business-channel-for-customer-support/
- https://www.profitbooks.net/how-to-use-whatsapp-for-business/
- https://blog.hootsuite.com/whatsapp-marketing/
- https://redcomm.co.id/knowledges/cara-promosi-di-whatsapp-dengan-whatsapp-marketing
- https://kokatto.com/blog/news/beda-simak-perbedaan-wa-blast-dan-whatsapp-broadcast-berikut
Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.
Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan
Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.