17 Peluang Karier Jurusan Ilmu Komunikasi, Ada Copywriter
Jurusan Ilmu Komunikasi adalah bidang akademik yang fokus pada studi mengenai cara-cara efektif dalam mengirimkan pesan.
Dengan begitu, pesan dapat diterima dan dimengerti oleh audiens. Jurusan ini sudah ada sejak lama dan masih eksis hingga kini.
Mahasiswa yang mengambil jurusan ini akan belajar bagaimana informasi dan pesan disampaikan dan diterima dalam konteks yang berbeda.
Mulai dari komunikasi interpersonal hingga komunikasi massa.
Nah, ingin masuk jurusan Ilmu Komunikasi? Yuk, cari tahu di bawah ini agar tidak salah jurusan!
Baca Juga: Mengenal Universitas Terbuka, dari Daftar Jurusan dan Biaya
Apa Itu Jurusan Ilmu Komunikasi?
Seperti yang sudah dijelaskan singkat, jurusan Ilmu Komunikasi adalah salah satu jurusan yang umum dijumpai di perkuliahan.
Jurusan ini akan mempelajari cara efektif untuk berkomunikasi sehingga informasi yang disampaikan masuk ke audiens.
Namun, tidak sesederhana itu, jurusan Ilmu Komunikasi juga akan mempelajari banyak teori.
Mahasiswa Ilmu Komunikasi akan mempelajari:
- Teori komunikasi
- Praktek media
- Strategi komunikasi
- Etika dan hukum yang terkait dengan pertukaran informasi
Mahasiswa juga dilatih untuk mengembangkan kemampuan analisis kritis terhadap bagaimana media memengaruhi masyarakat dan sebaliknya.
Dalam kurikulum, jurusan Ilmu Komunikasi biasanya menyertakan mata kuliah yang beragam, mencakup:
- Penulisan untuk media
- Produksi media audiovisual
- Public relations
- Jurnalistik
- Studi media baru seperti media sosial.
Jurusan ini tidak hanya berfokus pada teori, tetapi juga pada praktek di lapangan khususnya pada program studi Jurnalistik yang masuk dalam Ilmu Komunikasi.
Mahasiswa seringkali diberi kesempatan untuk terlibat dalam produksi media, baik itu dalam membuat berita, film dokumenter, atau kampanye komunikasi.
Dengan cara ini, mereka tidak hanya memahami teori, tapi juga belajar bagaimana menerapkannya dalam konteks nyata.
Terlebih, jurusan ini kerap diremehkan karena menurut sebagian orang, komunikasi adalah hal yang mudah.
Nyatanya tidak begitu, lho Moms. Komunikasi memiliki banyak bentuk dan tidak hanya berbicara.
Komunikasi juga termasuk dalam gambar dan tulisan. Dengan begitu, mahasiswa juga diajarkan bagaimana cara menyampaikan informasi lewat gambar dan tulisan.
Baca Juga: 17 Cara Membangun Komunikasi dengan Pasangan yang Efektif
Mata Kuliah Jurusan Ilmu Komunikasi
Jurusan Ilmu Komunikasi adalah program studi yang mempelajari proses penyampaian pesan secara efektif agar dapat diterima dan dipahami oleh khalayak.
Mata kuliah yang diajarkan di jurusan ini bervariasi dari semester 1 hingga semester 8.
Sebagai informasi, mata kuliah jurusan Ilmu Komunikasi tiap universitas berbeda-beda, ya karena disesuaikan dengan universitas tersebut.
Berikut gambaran umum mata kuliah jurusan Ilmu Komunikasi yang akan dipelajari.
Semester 1
- Pendidikan Agama
- Pendidikan Pancasila
- Ekonomi Kreatif
- Bahasa Indonesia
- Bahasa Inggris
- Dasar Logika Matematika
- Wawasan Kewirausahaan
- Pengantar Ilmu Komunikasi
- Perkembangan Teknologi Informasi & Komunikasi
Semester 2
- Teori Komunikasi I
- Kewarganegaraan
- Komunikasi Antar Budaya
- Metode Penelitian Komunikasi Kuantitatif
- Komunikasi dan Globalisasi
- Filsafat dan Etika Komunikasi
- Dasar Manajemen
Semester 3
- Pembangunan Berkelanjutan
- Teori Komunikasi
- Critical & Creative Thinking
- Komunikasi Organisasi
- Media Audio Visual
- Etika & Filsafat Komunikasi
- Komunikasi Antar Budaya
Semester 4
- Teori Komunikasi II
- Kewarganegaraan
- Komunikasi Antar Budaya
- Komunikasi Politik
- Metode Penelitian Komunikasi Kuantitatif
- Komunikasi dan Globalisasi
- Filsafat dan Etika Komunikasi
Semester 5
- Komunikasi
- Bisnis dan Masyarakat
- Komunikasi Korporat
- Komunikasi Pemasaran Terpadu
- Sinematografi
- Media dan Industri Budaya
- Resolusi Konflik
- Komunikasi dan Gender
Semester 6
- Hubungan Masyarakat Online
- Produksi Media Hubungan Masyarakat
- Jurnalisme Lingkungan
- Manajemen Media
- Mata Kuliah Pilihan Berbasis Peminatan Studi
Semester 7
- Kerja Profesi
- Seminar Komunikasi
- Mata Kuliah Minor
- Mata Kuliah Pilihan Berbasis Peminatan Studi
Semester 8
- Skripsi
- Mata Kuliah Minor
- Mata Kuliah Pilihan Berbasis Peminatan Studi
Mata kuliah yang diajarkan di setiap semester dapat berbeda-beda tergantung dari universitas dan kurikulum yang digunakan.
Selain itu, jurusan Ilmu Komunikasi juga memiliki peminatan studi yang berbeda-beda di setiap universitas.
Baca Juga: 9 Cara Berkomunikasi dengan Anak yang Efektif, Wajib Tahu!
Peluang Karier Lulusan Jurusan Ilmu Komunikasi
Mata kuliah jurusan Ilmu Komunikasi memang luas, lho dan peluang kariernya pun cukup banyak.
Beberapa pekerjaan yang dapat diambil oleh lulusan jurusan Ilmu Komunikasi antara lain:
1. Public Relations Officer atau Hubungan Masyarakat
Peluang karier lulusan jurusan Ilmu Komunikasi yang pertama adalah Public Relations Officer.
Profesi ini bertanggung jawab untuk mengelola informasi dan komunikasi perusahaan ke khalayak luas.
Seorang Public Relations Officer harus dapat berkomunikasi secara aktif dengan publik, klien, dan pemangku kepentingan lain sebagai perwakilan sebuah perusahaan.
Selain itu, sebagai Public Relations Officer juga harus menjaga reputasi bisnis.
Sebagai Public Relations Officer, harus membangun hubungan yang berkelanjutan dengan banyak kontributor penting untuk mengetahui bisnis yang dijalankan.
2. Jurnalis
Seorang jurnalis atau wartawan adalah orang yang melakukan kegiatan jurnalistik seperti menulis, menganalisis, dan menyajikan informasi kepada publik melalui media massa.
Profesi ini bekerja untuk media massa, seperti surat kabar, majalah, televisi, radio, dan platform di internet.
Tugas utama seorang jurnalis meliputi pengumpulan, analisis, penulisan, dan penyajian informasi berita kepada publik.
Profesi ini harus memahami bagaimana media bekerja, menguasai format dan gaya penulisan berita, memiliki pemahaman tentang etika jurnalistik, hukum media, dan isu-isu kebebasan pers.
Skill yang dibutuhkan antara lain kemampuan menulis yang baik, berpikir kritis, dan komunikasi yang baik.
3. Penyiar Radio, Televisi, atau Podcaster
Penyiar radio, televisi, atau podcaster memiliki tugas utama dalam menyampaikan informasi dan hiburan kepada pendengar atau penonton.
Penyampaian ini bisa melalui media audio seperti radio, audiovisual seperti televisi, atau platform digital seperti podcast.
Profesi ini juga bertanggung jawab dalam mempersiapkan dan menyajikan program siaran, memperkenalkan dan mewawancarai tamu, serta berinteraksi dengan para pendengar atau penonton.
Selain itu, mereka juga harus memiliki kemampuan:
- Public speaking yang baik
- Kemampuan menulis naskah
- Wawasan yang luas dan mengikuti tren serta perkembangan informasi.
Baca Juga: 10 Rekomendasi Mainan Edukasi Anak 4 Tahun, Pilih untuk Si Kecil!
4. Content Writer
Peluang karier jurusan Ilmu Komunikasi selanjutnya adalah Content Writer.
Content Writer bertanggung jawab untuk memproduksi konten-konten menarik di media online, seperti artikel blog, deskripsi produk, hingga e-mail newsletter.
Mereka harus mampu membuat tulisan yang menarik, informatif, dan sesuai dengan kebutuhan target audiens.
Proses penyampaian pesan secara efektif agar dapat diterima dan dipahami oleh khalayak menjadi keterampilan utama yang dimiliki oleh seorang Content Writer.
5. Marketing Communications
Marketing Communications adalah profesi yang bertanggung jawab untuk mengelola komunikasi pemasaran sebuah perusahaan atau merek.
Marketing Communications harus mampu mengembangkan strategi pemasaran yang efektif, membuat materi promosi, dan mengelola kampanye pemasaran.
Profesi ini juga harus memahami perilaku konsumen, tren pasar, dan teknologi pemasaran terbaru.
Perjalanan karier Marketing Communications, mulai dari marketing executive hingga marketing manager.
6. Advertiser
Peluang karier lulusan jurusan Ilmu Komunikasi selanjutnya adalah Advertiser.
Seorang advertiser adalah profesional yang bekerja untuk membangun dan menyampaikan iklan yang efektif untuk meningkatkan brand awareness dan menjangkau audiens target.
Mereka bekerja sama dengan perusahaan atau agensi iklan dan bertanggung jawab untuk membantu klien mendapatkan banyak konsumen.
Tugas utama seorang advertiser meliputi memahami kebutuhan klien, mengembangkan ide iklan yang menarik, dan mengelola kampanye iklan melalui media yang sesuai.
7. Profesi Lainnya
Tidak hanya enam profesi yang dijelaskan di atas, peluang karier lulusan jurusan Ilmu Komunikasi lebih beragam lagi, seperti:
- Youtuber, menggunakan kemampuan berbicara dan membuat konten video yang kreatif.
- Redaktur, bertanggung jawab untuk menyunting naskah dan memberikan pengarahan kepada reporter.
- Kameramen, bertanggung jawab untuk mengoperasikan kamera dan bertanggung jawab atas aspek teknis perekaman video.
- Sutradara, bertanggung jawab untuk mengarahkan proses pembuatan film.
- Creative Director, bertanggung jawab untuk memimpin tim kreatif di perusahaan pemasaran, publikasi, media, atau website.
- MC (Master of Ceremonies), yang bertugas untuk memandu acara atau kegiatan.
- Produser, mengawasi proses pembuatan film.
- Program Director, bertanggung jawab untuk memimpin acara program televisi.
- Copywriter, menulis untuk memasarkan dan mempromosikan barang atau jasa.
- Juru Bicara, menyampaikan keterangan resmi mewakili seseorang atau kelompok.
- Dosen, mengajar di perguruan tinggi.
Baca Juga: 5 Tips Public Speaking untuk Influencer!
Itulah informasi seputar jurusan Ilmu Komunikasi dan peluang karier para lulusannya. Jangan sampai salah jurusan, ya!
Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.
Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan
Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.