10 Manfaat Promosi untuk Usaha yang Harus Dipahami Pebisnis Pemula
Sudah menjadi hal yang diketahui banyak orang kalau manfaat promosi sangatlah diperlukan dalam dunia bisnis, terutama bagi usaha yang baru berjalan.
Promosi menjadi bagian dari marketing yang selalu dilakukan dalam dunia bisnis. Sebenarnya promosi harus dilakukan tak hanya saat baru membuka bisnis. Ketika bisnis sudah berjalan lama, kita harus tetap melakukannya.
Ibaratnya, tidak ada satu pun usaha atau perusahaan tertentu yang tak membutuhkan promosi. Hal ini dikarenakan ada banyak manfaat promosi yang pastinya mendatangkan hal-hal positif bagi pemilik usaha.
Baca Juga: 7 Cara Memulai Usaha Pakaian dengan Brand Sendiri
Manfaat Promosi untuk Usaha
Foto: pexels.com/Artem Beliaikin
Meski promosi juga diperuntukkan untuk usaha yang sudah berjalan lama, tapi bagi usaha yang baru saja berjalan, promoso akan lebih dibutuhkan manfaatnya.
Untuk menilik lebih jelasnya lagi, di bawah ini ada beberapa manfaat promosi untuk usaha yang perlu Moms ketahui saat akan membuka bisnis baru.
1. Membangun Branding
Manfaat promosi yang pertama adalah untuk membangun branding dari suatu produk atau jasa yang Moms jual.
Setiap pemilik usaha pasti ingin brand atau mereknya mudah diingat dan dikenali banyak orang. Meski desain logo dan produk yang ditawarkan sudah bagus, tapi tanpa adanya promosi, maka akan sulit untuk membangun branding dengan baik.
Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan promosi supaya nantinya tingkat visibilitas merek dagang Moms bisa menjadi lebih tinggi.
Dengan adanya promosi, masyarakat bisa lebih mengetahui tentang keberadaan dari merek serta produk usaha milik Moms.
Baca Juga: Moms Ingin Memulai Bisnis Tanaman Hias? Coba Perhatikan Beberapa Hal Ini Dulu!
2. Memperkenalkan Produk Baru
Salah satu manfaat promosi adalah untuk memperkenalkan produk terbaru dari usaha milik Moms.
Tujuannya adalah dengan melakukan promosi, maka Moms bisa memberitahu kepada masyarakat kalau ada produk baru yang dikeluarkan oleh merek usaha Moms.
Selain mengenalkan produk baru, dengan adanya promosi, Moms juga bisa mengenalkan produk lama. Siapa tahu ada pelanggan yang tidak mengetahui produk lama tersebut sehingga saat melihat promosi yang Moms lakukan dengan produk lama, mereka jadi mengetahuinya.
3. Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan
Promosi dilakukan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Pelanggan lama terkadang jarang berbelanja lagi. Entah karena budget yang dimiliki sedang terbatas atau memang hanya karena tidak ingin berbelanja.
Tapi dengan adanya promosi, maka pelanggan lama bisa tertarik lagi untuk membeli karena sedang ada promo.
Moms bisa menawarkan kepada pelanggan lama melalui chat atau email untuk memberitahu kalau sedang ada promo yang diadakan oleh merek usaha Moms.
Baca Juga: 5+ Langkah-Langkah Memulai Usaha, Cocok untuk Moms yang Tertarik Berbisnis!
4. Untuk Menarik Pelanggan Baru
Selain untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, manfaat promosi juga bisa menarik pelanggan baru. Siapa yang tak tertarik dengan tawaran diskon dari promo yang diadakan oleh sebuah produk.
Jika pelanggan merasa diuntungkan, maka mereka tidak akan ragu untuk membeli atau menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan dalam promo.
Sebelum melakukan promosi, sebaiknya Moms tetapkan sasaran pasar terlebih dahulu dengan menargetkan kelompok tertentu.
Misalkan saja Moms ingin menarik pelanggan baru dari kalangan remaja. Maka usahakan kalau promosi yang dilakukan dengan menggunakan bahasa yang tidak kaku sehingga bisa menarik perhatian remaja.
5. Membangun Komunikasi dengan Pelanggan
Dengan memberikan promosi pada usaha, maka Moms bisa membangun komunikasi dengan pelanggan secara lebih intens, baik itu pelanggan lama dan baru.
Saat melihat adanya promosi yang dilakukan, pelanggan umumnya akan bertanya terlebih dahulu mengenai syarat dan ketentuan berlakunya. Pada saat bertanya inilah komunikasi dengan pelanggan akan berjalan.
Oleh karena itu, usahakan untuk menjawab dan menjelaskan pertanyaan dari pelanggan sebaik mungkin supaya nantinya pelanggan akan lebih tertarik untuk membeli produk kita.
Baca Juga: 6 Cara Membuat Instagram Bisnis, Ketahu Juga Fiturnya!
6. Menciptakan Perbedaan dengan Brand Lain
Manfaat promosi adalah Moms bisa menciptakan perbedaan dengan brand lain. Ketika kita memberikan promosi, baik itu untuk produk baru atau lama, hal tersebut akan membuat orang melirik barang dagangan kita.
Mereka juga akan membandingkan harga dan kualitas dari produk yang kita miliki dengan brand saingan. Nah, berhubung brand kita sedang ada promo, jika pelanggan merasa diuntungkan, maka mereka akan memilih dan membeli produk kita.
Ini yang dinamakan kekuatan dari promosi.
7. Menciptakan Peluang Marketing Tradisional
Salah satu manfaat promosi adalah bisa menciptakan peluang marketing tradisional. Marketing tradisional yang dimaksud di sini adalah marketing dengan cara melalui orang ke orang atau yang lebih dikenal dengan nama mulut ke mulut.
Misalkan saja Moms sedang mengadakan promo beli 1 gratis 1, lalu ada pelanggan yang melihat promo ini dan ingin membelinya. Setelah membeli, pelanggan tersebut akan memberikan gratisan yang didapat ke orang lain dan mengatakan kalau sedang ada promo.
Maka orang yang diberikan gratisan tersebut akan tahu kalau sedang ada promo di toko milik Moms.
Baca Juga: 5 Ide Promo Diskon dan Aktivitas Seru, Ada Layanan Medical Check
Manfaat Promosi untuk Penjualan
Foto: pexels.com/Markus Spiske
Manfaat promosi juga bisa digunakan untuk penjualan produk atau jasa dari usaha baru Moms. Berikut beberapa manfaat promosi untuk penjualan, yaitu:
8. Meningkatkan Penjualan
Manfaat promosi untuk penjualan adalah bisa meningkatkan penjualan. Sudah bukan rahasia lagi kalau promosi memiliki pengaruh besar dalam tingkat penjualan.
Oleh karena itu, Moms harus mengadakan setidaknya 2-3 kali promosi setiap bulannya. Dengan begitu, penjualan bulanan bisa ditingkatkan dengan lebih baik lagi.
Promosi yang dilakukan bisa dengan memberikan diskon hingga memberikan gratis produk untuk pembelian dengan harga tertentu.
Baca Juga: 5 Promo Diskon Hemat di Akhir Bulan, Dompet Anti Jebol!
9. Menciptakan Alasan untuk Membeli
Manfaat promosi untuk penjualan yang lainnya adalah bisa menciptakan alasan pelanggan untuk membeli produk yang ditawarkan pada saat promosi.
Metode ini sebenarnya adalah metode lama dan Moms sudah sering melihatnya digunakan pada e-commerce.
Misalkan saja pada tanggal 9 September akan ada diskon 9%. Jadi hanya pada hari itu saja diskon bisa dinikmati oleh pelanggan. Inilah yang menjadi daya tarik bagi pelanggan untuk segera membeli pada hari tersebut karena selain tanggal itu, diskon sudah tidak berlaku.
Jadi alasan untuk membeli adalah karena sedang ada promo diskon yang berlaku.
Baca Juga: Cara Promosi Makanan di WhatsApp agar Laris Manis
10. Menciptakan Kesempatan Penjualan Lain
Dilansir dari situs mando.co.uk, manfaat promosi juga bisa menciptakan kesempatan lain atau yang dinamakan dengan cross sell dan juga upsell.
Dengan melakukan promosi maka secara tidak langsung Moms juga akan mendorong penjualan produk lain dari brand milik Moms.
Misalkan saja Moms akan memberikan voucher belanja untuk pembelian selanjutnya. Maka mau tak mau jika pelanggan ingin mendapatkan diskon untuk berbelanja, mereka akan menggunakan voucher tersebut untuk belanja berikutnya. Inilah yang dinamakan upsell.
Sedangkan untuk cross sell contohnya seperti Moms mengadakan diskon untuk pembelian paket produk A dan B. Jika hanya membeli produk A atau B saja, maka diskon tidak akan berlaku.
Dengan begitu, maka Moms bisa menjual produk A dan B sekaligus dalam satu kali penjualan.
Sekarang Moms sudah mengerti apa saja manfaat promosi untuk usaha yang harus dipahami saat pertama kali membuka bisnis. Semoga informasi di atas bisa berguna untuk Moms untuk mengembangkan bisnis dan meningkatkan penjualan nantinya.
- https://www.garyasanchez.com/9-benefits-of-sales-promotions/
- https://www.mando.co.uk/8-creations-of-sales-promotions/
- https://blog.resellerclub.com/why-is-promotion-important-for-a-business/
- https://smallbusiness.chron.com/advantages-increase-promotion-advertising-23195.html
- https://www.businessmanagementideas.com/marketing/what-is-promotion/20844
Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.
Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan
Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.