11 November 2022

Tips Bikin Caption Influencers yang Menarik!

Membuat caption yang menarik akan meningkatkan eksposur postingan, lho! Yuk simak tipsnya di sini!
Tips Bikin Caption Influencers yang Menarik!

Sebagai Influencer membuat caption yang menarik untuk konten di media sosial merupakan salah satu keahlian yang harus dimiliki. Membuat caption yang menarik akan membantu postingan atau konten yang dibuat akan lebih banyak di-like, comment dan share.

Caption juga berfungsi untuk memberikan gambaran dari tujuan dibuatnya konten tersebut. Supaya caption bisa terlihat lebih menarik, berikut cara yang bisa Anda terapkan!

Buat Garis Besar atau Topik yang Ingin Diangkat

woman-with-laptop-computer-while-having-idea
Foto: woman-with-laptop-computer-while-having-idea

Pertama-tama, Anda perlu membuat garis besar atau topik yang ingin diangkat. Tujuannya, supaya caption bisa ditulis secara terstruktur dengan mengikuti isi konten yang dimuat. Selain itu, garis besar atau topik akan membantu Anda menyusun tulisan pada caption bisa dipahami dalam satu kali baca dan tidak keluar dari tema yang sedang dibahas.

Pemilihan topik yang tepat juga berguna untuk memudahkan audiens menemukan konten yang Anda buat. Dengan begitu, masing-masing pihak bisa diuntungkan dari penggunaan topik yang menggambarkan isi dari konten atau postingan.

Berikan Kesan Informatif pada Caption

woman-analyzing
Foto: woman-analyzing

Hal kedua yang harus Anda lakukan untuk membuat caption adalah memastikan bahwa isi dari konten yang dibuat berisikan konten informatif. Membuat caption dengan pesan informatif menunjukkan bahwa isi dari konten yang dibuat bermanfaat bagi audiens. Hal tersebut akan menentukan apakah isi dari konten tersebut perlu untuk dilihat audiens atau tidak. Penggunaan kalimat yang informatif juga menunjukkan konten merupakan postingan yang berbobot dimana informasinya bisa bermanfaat bagi audiens.

Baca juga: Intip 5 Cara Ampuh Promosikan Bisnis Anda Secara Online!

Buat Gaya bahasa yang Orisinal dan Unik

woman-with-speech-
Foto: woman-with-speech-

Pemilihan gaya bahasa yang orisinal akan membuat isi dari pesan dalam caption memiliki ciri khas yang menonjol dari konten yang dibuat. audiens akan mengingat cara yang biasa Anda pakai dalam menyampaikan informasi. Hal ini juga tentunya akan memberikan rasa penasaran ke audiens dari hasil konten yang Anda buat.

Penggunaan gaya bahasa yang unik juga akan memberikan kesan kepada audiens sehingga memudahkan mereka untuk mengingat Anda sebagai kreator yang memiliki ciri dalam menyampaikan pesan.

Memberikan Emoji atau Karakter Tambahan

young-woman-with-emoji
Foto: young-woman-with-emoji

Emoji atau karakter pada caption berguna untuk meningkatkan daya tarik bagi audiens. Hal itu dikarenakan audiens akan merasa lebih dekat dengan kreator melalui emoji yang juga menggambarkan dari isi pesan yang disampaikan. Tentunnya pemilihan emoji juga perlu disesuikan dengan isi konten yang dibuat. Apakah pesan yang diingin sampaikan pesan bahagia, sedih dan sebagainya.

Baca juga: Ini Dia Tren Penggunaan Influencers dalam Dunia E-Marketing!

Sertakan CTA atau Call to Action

smiling-joyful-comment
Foto: smiling-joyful-comment

CTA atau ajakan sangat penting untuk mempengaruhi audiens untuk melihat konten yang Anda buat. Tentunya tujuan dari CTA berfungsi untuk mendorong audiens melakukan tindakan seperti memberikan komentar, menyukai postingan, mengikuti akun Anda, dan membagikan postingan untuk disebarluaskan. Bentuk CTA yang digunakan bisa berupa pertanyaan yang dimuat dalam caption di akhir kalimat atau berupa ajakan sesuai dengan keinginan dari tujuan postingan. Sebagai contoh "Yuk tulis di kolom komentar!" atau "Segera kunjungi link yang ada di bio!".

Gunakan Hashtag

smile-woman-holding-hashtag-sign
Foto: smile-woman-holding-hashtag-sign

Penggunaan hashtag bertujuan untuk mendapatkan lebih banyak eksposur dan membuat postingan bisa dijangkau lebih luas serta memberikan ciri khas dari gambaran konten yang dibuat. Hashtag dapat ditempatkan pada bagian akhir kalimat di caption setelah kalimat CTA. Penggunaan hashtag juga bisa disesuaikan dari informasi umum yang diangkat dalam konten, tren yang sedang berkembang serta menggambarkan akun Anda sebagai pemilik postingan. Sebagai contoh #DiRumahAja #PayDaySell #DiskonAkhirTahun.

Baca juga: 5 Tips Public Speaking untuk Influencer!

Tips-tips di atas dapat langsung Anda terapkan dalam membuat caption, bukan? Sampaikan pesan dengan cara yang tepat melalui caption, sehingga dapat memberikan pengaruh kepada audiens agar tertarik pada konten yang Anda buat. 

Ingin tahu informasi menarik lainnya seputar konten & Influencer? Follow Instagram @ibusibukcom. Gabung menjadi Mom Influencers dan jadi bagian dari IbuSibuk untuk mendapatkan keuntungan lainnya saat mengikuti campaign. Klik linknyadi sini!

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb