6 Cara Bangun Personal Branding di Instagram, Mudah Banget!
Sebagai seorang Influencer, Personal Branding merupakan salah satu kunci keberhasilan suatu konten. Mengutip dari Glints, Personal Branding berbicara tentang bagaimana seseorang membentuk persepsi orang lain terhadap dirinya. Sederhananya, kamu ingin dilihat seperti apa oleh orang lain? Oleh karena itu, membangun personal branding sangatlah penting untuk dilakukan.
Jika kamu bingung ingin memulai darimana, setidaknya ada 6 langkah yang bisa kamu pakai untuk membangun personal branding dirimu.
- Membuat Visi
Kamu ingin dikenal sebagai sosok seperti apa di social media? Jerome Pollin yang pintar Matematika, Erika si Pelukis, atau Tasya Farasya yang jago make-up, adalah contoh pandangan publik terhadap mereka. Artinya, mereka berhasil membentuk sosok karakter dalam diri mereka yang kemudian diingat oleh orang lain.
- Memilih Niche atau Ciri Khas
Masih berhubungan dengan poin nomor 1, menentukan niche atau ciri khas dirimu juga dibutuhkan dalam membangun personal branding. Apa yang membedakan dirimu dengan orang lain? Kamu bisa menonjolkan bakat kamu, kemampuan kamu hingga hobi kamu. Setelah menentukan ciri khas, kamu akan dikenal orang sebagai sosok berkarakter seperti yang sudah kita bahas pada poin pertama.
- Menentukan Pesan
Pesan utama apa yang ingin kamu sampaikan pada audiens. Isi pesan ini bisa berupa Parenting, Education, Self-Development, Lifestyle dan lain sebagainya. Kamu bisa menyesuaikan dengan isi kontenmu. Jangan lupa untuk menekankan poin utama dari pesan yang kamu sampaikan, agar lebih mudah dipahami oleh audiens.
- Konsisten Membuat Konten
Membangun personal branding tentu butuh kerajinan dalam membuat konten. Semakin sering kamu membuat konten, semakin banyak juga orang yang melihat dan mengingat siapa kamu. Jika audiens yang melihat adalah target yang kamu cari, maka followers kamu bisa bertambah, diikuti dengan reach maupun engagement.
- Kumpulkan Audiens
Cari tahu apa kebutuhan dan konten yang disukai oleh audiens kamu, disesuaikan juga niche atau ciri khas kamu. Jika niche kamu adalah edukasi, maka kamu perlu tahu apa yang sedang dibutuhkan audiens saat ini mengenai edukasi. Bisa juga sesuatu yang sedang hangat atau ramai dibicarakan. Misalnya, informasi seputar biaya sekolah terbaru di tahun 2023.
- Montetisasi
Setelah punya banyak audiens, kamu bisa mengubah audiens kamu menjadi pembeli atau target promosi yang menghasilkan. Jika kamu sudah dikenal banyak orang melalui konten kamu, biasanya akan banyak brand yang tertarik untuk bekerja sama dengan kamu. Apalagi, jika konten yang kamu buat memiliki reach yang tinggi. Disitulah, kamu bisa mengubah audiens kamu menjadi target promosi atau pembeli produk yang kamu jual.
Nah, itu dia 6 langkah membangun personal branding, mudah bukan? Yuk mulai bangun personal branding kamu sekarang. Kamu juga bisa menjadi Influencer Marketing dan mendapatkan berbagai campaign dari brand ternama atau menjadi affiliate bersama IbuSibuk dengan komisi up to 20%. Ayo bergabung dengan 92.000+ Ibu lainnya. Langsung klik disini ya.
Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.
Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan
Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.