180 Kata-kata dalam Pengisian Raport PAUD, Memotivasi!
Kata-kata dalam pengisian raport PAUD memang perlu diperhatikan, ya sebab kata-kata penting untuk membangun motivasi siswa.
Kata-kata yang digunakan dalam pengisian rapor memiliki peran yang sangat penting.
Kata-kata ini bukan hanya deskripsi kemajuan anak, tetapi juga menjadi acuan bagi orang tua dalam mengetahui proses perkembangan anak.
Setiap kata yang dipilih memberikan gambaran yang akurat tentang prestasi, potensi, dan kebutuhan anak.
Jadi, bagaimana kata-kata dalam pengisian raport PAUD? Yuk, simak di bawah ini.
Baca Juga: 200 Contoh Catatan Wali Kelas untuk Mengisi Rapor Siswa
Kata-kata dalam Pengisian Raport PAUD
Mengisi raport untuk anak-anak PAUD membutuhkan perhatian khusus pada berbagai aspek perkembangan mereka.
Berikut adalah kata-kata dalam pengisian raport PAUD pada setiap nilai perkembangan dan kategori:
1. Perkembangan Nilai Agama dan Moral
Sangat Baik
- "Anak selalu mengucapkan doa sebelum dan sesudah makan dengan lancar dan penuh penghayatan."
- "Anak menunjukkan rasa hormat yang tinggi terhadap guru dan teman-teman, serta selalu mengucapkan salam ketika bertemu."
- "Anak aktif mengikuti kegiatan keagamaan di sekolah, seperti membaca doa dan menyanyikan lagu-lagu rohani."
- "Anak selalu berbagi dengan teman-teman dan menunjukkan sikap peduli terhadap sesama."
- "Anak memiliki kebiasaan baik dalam menjaga kebersihan diri dan lingkungan, serta selalu mengingatkan teman-temannya untuk melakukan hal yang sama."
- "Anak memahami dan menerapkan nilai-nilai kejujuran dalam setiap aktivitas, selalu mengakui kesalahan jika melakukan sesuatu yang salah."
- "Anak menunjukkan sikap sabar dan tidak mudah marah ketika menghadapi situasi yang sulit."
- "Anak selalu mengikuti kegiatan salat berjamaah di sekolah dengan penuh kesadaran dan khusyuk."
- "Anak selalu menepati janji dan menyelesaikan tugas dengan penuh tanggung jawab."
- "Anak menunjukkan sikap toleransi yang tinggi terhadap perbedaan dan selalu menghormati pendapat teman-temannya."
Baik
- "Anak mampu mengucapkan doa sehari-hari dengan baik, meskipun kadang-kadang perlu diingatkan."
- "Anak menunjukkan rasa hormat dan sopan santun kepada guru dan teman-teman, meskipun terkadang perlu diarahkan."
- "Anak cukup aktif dalam mengikuti kegiatan keagamaan di sekolah, meskipun masih perlu dorongan untuk lebih berpartisipasi."
- "Anak sering berbagi dengan teman-teman, tetapi masih perlu dorongan untuk lebih konsisten."
- "Anak menjaga kebersihan diri dengan baik, meskipun terkadang perlu diingatkan untuk menjaga kebersihan lingkungan."
- "Anak memahami nilai-nilai kejujuran, tetapi kadang-kadang masih perlu diarahkan untuk selalu berkata jujur."
- "Anak menunjukkan sikap sabar, tetapi terkadang masih mudah tersinggung dalam situasi tertentu."
- "Anak mengikuti kegiatan salat berjamaah dengan baik, meskipun kadang-kadang perlu diingatkan untuk lebih khusyuk."
- "Anak cukup konsisten dalam menyelesaikan tugas, meskipun kadang perlu diingatkan untuk lebih bertanggung jawab."
- "Anak menunjukkan toleransi terhadap perbedaan, meskipun terkadang perlu diarahkan untuk lebih menghargai pendapat teman-teman."
Perlu Bimbingan
- "Anak masih perlu bimbingan dalam mengucapkan doa sehari-hari dan sering lupa melakukannya."
- "Anak masih perlu diarahkan untuk selalu menunjukkan rasa hormat dan sopan santun kepada guru dan teman-teman."
- "Anak kurang aktif dalam mengikuti kegiatan keagamaan di sekolah dan sering perlu dorongan untuk berpartisipasi."
- "Anak masih perlu bimbingan untuk lebih sering berbagi dengan teman-teman dan menunjukkan kepedulian terhadap sesama."
- "Anak perlu diingatkan untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan secara konsisten."
- "Anak masih perlu bimbingan dalam memahami dan menerapkan nilai-nilai kejujuran dalam setiap aktivitas."
- "Anak perlu diarahkan untuk lebih sabar dan tidak mudah marah ketika menghadapi situasi yang sulit."
- "Anak sering perlu diingatkan untuk mengikuti kegiatan salat berjamaah dengan penuh kesadaran dan khusyuk."
- "Anak perlu dorongan untuk lebih bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas-tugasnya."
- "Anak masih perlu bimbingan dalam menunjukkan toleransi terhadap perbedaan dan menghargai pendapat teman-teman."
Baca Juga: Simak Cara Mengisi e-Raport, Lengkap dengan 8 Tahapan!
2. Perkembangan Motorik
Sangat Baik
- "Anak mampu melakukan gerakan dasar seperti berlari, melompat, dan menangkap bola dengan koordinasi yang sangat baik."
- "Anak menunjukkan keterampilan motorik halus yang sangat baik, seperti menggunakan alat tulis dan memotong kertas dengan rapi."
- "Anak mampu memanjat dan turun dari peralatan bermain dengan percaya diri dan tanpa bantuan."
- "Anak bisa mengancingkan baju, memasang sepatu, dan mengikat tali sepatu sendiri dengan baik."
- "Anak memiliki keseimbangan yang sangat baik saat berjalan di atas balok keseimbangan atau bermain lompat tali."
- "Anak menunjukkan kemampuan menggambar dan menulis dengan keterampilan motorik halus yang sangat baik."
- "Anak dapat menyusun puzzle dengan cepat dan tepat, menunjukkan koordinasi mata dan tangan yang baik."
- "Anak mampu mengikuti irama dan gerakan dalam aktivitas menari dengan baik."
- "Anak menunjukkan keterampilan melompat jauh dan tinggi dengan sangat baik."
- "Anak mampu memegang dan menggunakan gunting dengan aman dan presisi."
Baik
- "Anak cukup mahir dalam melakukan gerakan dasar seperti berlari, melompat, dan menangkap bola, meskipun masih perlu sedikit arahan."
- "Anak mampu menggunakan alat tulis dan memotong kertas dengan cukup baik, meskipun hasilnya belum selalu rapi."
- "Anak dapat memanjat dan turun dari peralatan bermain dengan cukup baik, meskipun kadang-kadang masih perlu bantuan."
- "Anak bisa mengancingkan baju dan memakai sepatu sendiri, tetapi kadang-kadang masih membutuhkan bantuan dalam mengikat tali sepatu."
- "Anak memiliki keseimbangan yang baik saat berjalan di atas balok keseimbangan atau bermain lompat tali, meskipun masih sedikit ragu-ragu."
- "Anak mampu menggambar dan menulis dengan keterampilan motorik halus yang baik, meskipun masih perlu latihan."
- "Anak dapat menyusun puzzle dengan cukup baik, meskipun membutuhkan waktu yang lebih lama."
- "Anak mampu mengikuti irama dan gerakan dalam aktivitas menari dengan baik, meskipun masih perlu sedikit bimbingan."
- "Anak cukup mahir dalam melempar dan menangkap bola kecil, meskipun kadang-kadang masih perlu arahan."
- "Anak mampu membuat bentuk-bentuk sederhana dengan plastisin atau clay dengan baik."
Perlu Bimbingan
- "Anak masih perlu bimbingan dalam melakukan gerakan dasar seperti berlari, melompat, dan menangkap bola."
- "Anak masih perlu bimbingan dalam menggunakan alat tulis dan memotong kertas, sering kali hasilnya kurang rapi."
- "Anak masih perlu bantuan untuk memanjat dan turun dari peralatan bermain dengan aman."
- "Anak masih perlu bimbingan dalam mengancingkan baju, memakai sepatu, dan mengikat tali sepatu."
- "Anak masih perlu bimbingan untuk menjaga keseimbangan saat berjalan di atas balok keseimbangan atau bermain lompat tali."
- "Anak masih perlu bimbingan dalam menggambar dan menulis, dan keterampilan motorik halusnya perlu ditingkatkan."
- "Anak masih perlu bimbingan dalam menyusun puzzle dan sering kali mengalami kesulitan."
- "Anak masih perlu bimbingan untuk mengikuti irama dan gerakan dalam aktivitas menari, sering kali tampak kebingungan."
- "Anak sering kali kesulitan dalam memegang dan menggunakan gunting dengan aman."
- "Anak masih perlu bimbingan dalam melempar dan menangkap bola kecil, sering kali kurang koordinasi."
3. Perkembangan Kognitif
Sangat Baik
- "Anak mampu mengenali dan menyebutkan huruf abjad dengan lancar."
- "Anak dapat menghitung angka 1 hingga 20 dengan tepat dan tanpa kesalahan."
- "Anak menunjukkan pemahaman yang sangat baik tentang konsep dasar warna dan bentuk."
- "Anak mampu mengikuti instruksi dengan baik dan menyelesaikan tugas dengan cepat dan benar."
- "Anak memiliki kemampuan memecahkan masalah sederhana secara mandiri."
- "Anak mampu mengenali dan menyebutkan nama-nama hewan dan tumbuhan dengan baik."
- "Anak menunjukkan minat besar dalam kegiatan membaca buku cerita dan memahami isinya."
- "Anak mampu mengenali dan mencocokkan objek berdasarkan ukuran, warna, dan bentuk dengan sangat baik."
- "Anak menunjukkan kemampuan mengingat dan menceritakan kembali cerita dengan detail yang baik."
- "Anak mampu membuat perbandingan dan menemukan perbedaan serta persamaan antara dua objek dengan mudah."
Baik
- "Anak cukup mahir dalam mengenali dan menyebutkan huruf abjad, meskipun kadang-kadang perlu sedikit bantuan."
- "Anak mampu menghitung angka 1 hingga 10 dengan baik, tetapi masih memerlukan bantuan untuk angka yang lebih tinggi."
- "Anak memahami konsep dasar warna dan bentuk dengan cukup baik, meskipun kadang-kadang masih perlu diingatkan."
- "Anak dapat mengikuti instruksi dengan baik dan menyelesaikan tugas dengan sedikit bantuan."
- "Anak mampu memecahkan masalah sederhana dengan bantuan minimal dari guru atau teman."
- "Anak dapat mengenali dan menyebutkan beberapa nama hewan dan tumbuhan, meskipun belum sepenuhnya lengkap."
- "Anak menunjukkan minat dalam kegiatan membaca buku cerita dan memahami sebagian besar isinya."
- "Anak mampu mengenali dan mencocokkan objek berdasarkan ukuran, warna, dan bentuk dengan baik, meskipun kadang-kadang perlu diingatkan."
- "Anak mampu mengingat dan menceritakan kembali cerita dengan cukup baik, meskipun ada beberapa detail yang terlupakan."
- "Anak dapat membuat perbandingan dan menemukan beberapa perbedaan serta persamaan antara dua objek, meskipun kadang-kadang perlu bimbingan."
Perlu Bimbingan
- "Anak masih perlu bimbingan dalam mengenali dan menyebutkan huruf abjad."
- "Anak masih perlu bimbingan dalam menghitung angka 1 hingga 10, sering kali mengalami kesulitan."
- "Anak masih perlu bimbingan dalam memahami konsep dasar warna dan bentuk."
- "Anak perlu arahan untuk mengikuti instruksi dengan baik dan menyelesaikan tugas dengan benar."
- "Anak masih perlu bimbingan dalam memecahkan masalah sederhana, sering kali memerlukan bantuan penuh."
- "Anak masih perlu bimbingan dalam mengenali dan menyebutkan nama-nama hewan dan tumbuhan."
- "Anak perlu dorongan untuk menunjukkan minat dalam kegiatan membaca buku cerita dan memahami isinya."
- "Anak masih perlu bimbingan dalam mengenali dan mencocokkan objek berdasarkan ukuran, warna, dan bentuk."
- "Anak perlu bantuan dalam mengingat dan menceritakan kembali cerita, sering kali melupakan sebagian besar detail."
- "Anak masih perlu bimbingan untuk membuat perbandingan dan menemukan perbedaan serta persamaan antara dua objek."
Baca Juga: Doa agar Nilai Rapor Bagus, Yuk Ajak Si Kecil Melafalkannya!
4. Perkembangan Sosial Emosional
Sangat Baik
- "Anak menunjukkan sikap ramah dan mudah bergaul dengan teman-teman."
- "Anak selalu berbagi mainan dan bekerja sama dalam kegiatan kelompok."
- "Anak mampu mengungkapkan perasaan dengan jelas dan tepat."
- "Anak menunjukkan empati yang tinggi dengan membantu teman-teman yang membutuhkan."
- "Anak selalu mengikuti aturan kelas dan menunjukkan sikap disiplin."
- "Anak mampu mengendalikan emosi dengan baik dan jarang marah atau menangis tanpa alasan."
- "Anak menunjukkan sikap hormat kepada guru dan teman-teman, serta selalu mengucapkan salam ketika bertemu."
- "Anak memiliki kemampuan untuk menyelesaikan konflik dengan teman-teman secara mandiri dan damai."
- "Anak selalu mengikuti kegiatan sosial di kelas dengan antusias dan penuh semangat."
- "Anak mampu meminta maaf jika melakukan kesalahan dan menerima permintaan maaf dari teman-teman dengan lapang dada."
Baik
- "Anak cukup ramah dan mampu bergaul dengan teman-teman, meskipun kadang-kadang masih pemalu."
- "Anak sering berbagi mainan dan bekerja sama dalam kegiatan kelompok, meskipun kadang-kadang perlu diingatkan."
- "Anak mampu mengungkapkan perasaan dengan baik, meskipun kadang-kadang masih perlu bantuan."
- "Anak menunjukkan empati dengan membantu teman-teman, meskipun masih perlu dorongan untuk lebih konsisten."
- "Anak mengikuti aturan kelas dengan baik dan menunjukkan sikap disiplin, meskipun kadang-kadang perlu diingatkan."
- "Anak mampu mengendalikan emosi dengan cukup baik, meskipun kadang-kadang masih mudah marah atau menangis."
- "Anak menunjukkan sikap hormat kepada guru dan teman-teman, meskipun kadang-kadang perlu diarahkan."
- "Anak memiliki kemampuan untuk menyelesaikan konflik dengan teman-teman, meskipun kadang-kadang masih perlu bantuan."
- "Anak sering mengikuti kegiatan sosial di kelas dengan antusias, meskipun kadang-kadang perlu dorongan."
- "Anak mampu meminta maaf jika melakukan kesalahan dan menerima permintaan maaf dari teman-teman, meskipun kadang-kadang masih perlu diingatkan."
Perlu Bimbingan
- "Anak masih perlu bimbingan untuk lebih ramah dan bergaul dengan teman-teman."
- "Anak masih perlu bimbingan untuk berbagi mainan dan bekerja sama dalam kegiatan kelompok."
- "Anak masih perlu bimbingan dalam mengungkapkan perasaan dengan jelas dan tepat."
- "Anak masih perlu bimbingan untuk menunjukkan empati dan membantu teman-teman yang membutuhkan."
- "Anak masih perlu diingatkan untuk mengikuti aturan kelas dan menunjukkan sikap disiplin."
- "Anak masih perlu bimbingan untuk mengendalikan emosi dan sering marah atau menangis tanpa alasan."
- "Anak masih perlu diarahkan untuk menunjukkan sikap hormat kepada guru dan teman-teman."
- "Anak masih perlu bimbingan dalam menyelesaikan konflik dengan teman-teman dan sering memerlukan bantuan penuh."
- "Anak masih perlu dorongan untuk mengikuti kegiatan sosial di kelas dengan antusias."
- "Anak masih perlu bimbingan untuk meminta maaf jika melakukan kesalahan dan menerima permintaan maaf dari teman-teman."
5. Perkembangan Bahasa
Sangat Baik
- "Anak mampu berbicara dengan jelas dan menggunakan kalimat lengkap."
- "Anak memiliki kosakata yang luas dan mampu menggunakan kata-kata baru dengan benar."
- "Anak mampu menceritakan kembali cerita yang didengar dengan detail yang baik."
- "Anak menunjukkan minat yang besar dalam membaca dan mendengarkan cerita."
- "Anak mampu mengikuti instruksi verbal dengan baik dan tepat."
- "Anak mampu mengajukan pertanyaan yang relevan dan menjawab pertanyaan dengan jelas."
- "Anak mampu mengidentifikasi huruf dan menyebutkannya dengan benar."
- "Anak menunjukkan kemampuan yang baik dalam mengenali dan menulis namanya sendiri."
- "Anak mampu berbicara dalam kelompok dan berpartisipasi aktif dalam diskusi kelas."
- "Anak menunjukkan kemampuan mendengarkan yang baik dan bisa menanggapi cerita dengan tepat."
Baik
- "Anak cukup jelas dalam berbicara dan menggunakan kalimat yang cukup lengkap."
- "Anak memiliki kosakata yang baik, meskipun kadang-kadang perlu diperkenalkan kata-kata baru."
- "Anak mampu menceritakan kembali cerita yang didengar, meskipun ada beberapa detail yang terlupakan."
- "Anak menunjukkan minat dalam membaca dan mendengarkan cerita, meskipun kadang-kadang perlu dorongan."
- "Anak mampu mengikuti instruksi verbal dengan baik, meskipun kadang-kadang perlu diulang."
- "Anak mampu mengajukan pertanyaan yang relevan dan menjawab pertanyaan dengan cukup jelas."
- "Anak mampu mengidentifikasi sebagian besar huruf dan menyebutkannya dengan benar, meskipun ada beberapa yang masih perlu latihan."
- "Anak menunjukkan kemampuan yang baik dalam mengenali dan menulis namanya sendiri, meskipun kadang-kadang perlu bantuan."
- "Anak cukup aktif berbicara dalam kelompok dan berpartisipasi dalam diskusi kelas, meskipun kadang-kadang perlu dorongan."
- "Anak menunjukkan kemampuan mendengarkan yang baik dan bisa menanggapi cerita dengan baik, meskipun kadang-kadang masih perlu diarahkan."
Perlu Bimbingan
- "Anak masih perlu bimbingan dalam berbicara dengan jelas dan menggunakan kalimat yang lengkap."
- "Anak masih perlu diperkenalkan lebih banyak kosakata baru dan latihan penggunaannya."
- "Anak masih perlu bimbingan untuk menceritakan kembali cerita yang didengar dengan lebih detail."
- "Anak masih perlu dorongan untuk menunjukkan minat dalam membaca dan mendengarkan cerita."
- "Anak masih perlu bimbingan untuk mengikuti instruksi verbal dengan baik dan tepat."
- "Anak masih perlu bantuan dalam mengajukan pertanyaan yang relevan dan menjawab pertanyaan dengan jelas."
- "Anak masih perlu latihan dalam mengidentifikasi huruf dan menyebutkannya dengan benar."
- "Anak masih perlu bimbingan dalam mengenali dan menulis namanya sendiri."
- "Anak masih perlu dorongan untuk berbicara dalam kelompok dan berpartisipasi aktif dalam diskusi kelas."
- "Anak masih perlu bimbingan untuk menunjukkan kemampuan mendengarkan yang baik dan menanggapi cerita dengan tepat."
Baca Juga: Cara Pengolahan Nilai Rapor Kurikulum Merdeka, Mudah!
6. Perkembangan Seni
Sangat Baik
- "Anak menunjukkan kreativitas yang tinggi dalam menggambar dan melukis, dengan penggunaan warna yang sangat baik."
- "Anak mampu membuat karya seni dengan detail yang sangat baik dan imajinasi yang luar biasa."
- "Anak selalu antusias dalam mengikuti kegiatan seni, seperti menggambar, melukis, dan kerajinan tangan."
- "Anak memiliki keterampilan motorik halus yang sangat baik saat memotong dan menempel kertas dalam kegiatan seni."
- "Anak mampu membuat pola dan desain yang menarik dalam proyek seni."
- "Anak menunjukkan minat besar dalam belajar alat musik dan mampu memainkan lagu sederhana."
- "Anak mampu menyanyikan lagu-lagu dengan nada yang benar dan suara yang merdu."
- "Anak memiliki kemampuan menari yang sangat baik dan mengikuti gerakan dengan ritme yang tepat."
- "Anak selalu berpartisipasi aktif dalam pertunjukan seni dan drama kelas."
- "Anak mampu menciptakan cerita dan karakter yang menarik dalam kegiatan bermain peran."
Baik
- "Anak cukup kreatif dalam menggambar dan melukis, meskipun kadang-kadang masih perlu arahan."
- "Anak mampu membuat karya seni dengan detail yang baik, meskipun kadang-kadang perlu dorongan."
- "Anak antusias dalam mengikuti kegiatan seni, meskipun kadang-kadang perlu diingatkan untuk fokus."
- "Anak memiliki keterampilan motorik halus yang baik saat memotong dan menempel kertas, meskipun kadang-kadang perlu bantuan."
- "Anak mampu membuat pola dan desain yang menarik dalam proyek seni, meskipun kadang-kadang perlu ide tambahan."
- "Anak menunjukkan minat dalam belajar alat musik dan mampu memainkan beberapa nada."
- "Anak mampu menyanyikan lagu-lagu dengan nada yang cukup benar dan suara yang jelas."
- "Anak memiliki kemampuan menari yang baik dan mengikuti gerakan dengan ritme yang cukup tepat."
- "Anak berpartisipasi aktif dalam pertunjukan seni dan drama kelas, meskipun kadang-kadang perlu dorongan."
- "Anak mampu menciptakan cerita dan karakter yang menarik dalam kegiatan bermain peran, meskipun kadang-kadang perlu bimbingan."
Perlu Bimbingan
- "Anak masih perlu bimbingan dalam menggambar dan melukis untuk mengembangkan kreativitas dan penggunaan warna."
- "Anak masih perlu dorongan untuk membuat karya seni dengan lebih banyak detail dan imajinasi."
- "Anak masih perlu bimbingan untuk menunjukkan antusiasme dalam mengikuti kegiatan seni."
- "Anak masih perlu bantuan dalam mengembangkan keterampilan motorik halus saat memotong dan menempel kertas."
- "Anak masih perlu bimbingan dalam membuat pola dan desain yang menarik dalam proyek seni."
- "Anak masih perlu dorongan untuk menunjukkan minat dalam belajar alat musik dan bermain nada."
- "Anak masih perlu bimbingan dalam menyanyikan lagu-lagu dengan nada yang benar."
- "Anak masih perlu bimbingan dalam menari dan mengikuti gerakan dengan ritme yang tepat."
- "Anak masih perlu dorongan untuk berpartisipasi aktif dalam pertunjukan seni dan drama kelas."
- "Anak masih perlu bimbingan dalam menciptakan cerita dan karakter yang menarik dalam kegiatan bermain peran."
Itulah kata-kata dalam pengisian raport PAUD. Semoga membantu!
Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.
Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan
Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.