22 Februari 2022

8 Alasan Dijauhi Teman Kantor, Bagaimana Mengatasinya?

Mengapa teman kerja suka menjauhi kita ya, Moms?

Sering kali merasa tak 'klop' dengan lingkungan kerja membuat kita patah semangat. Apalagi, ketika dijauhi teman kantor tanpa ada sebab yang jelas.

Untuk karyawan baru yang merasakan ini, tentu menjadi tantangan tersendiri.

Lantas, apa penyebab teman kantor menjaga jarak dengan kita? Bagaimana sikap yang tepat untuk mengatasinya?

Alasan Dijauhi Teman Kantor

Tak semua alasan dijauhi rekan kerja karena kesalahan dari diri kita sendiri. Bisa saja, memang mereka yang tak ingin bersosialiasi dengan kita, lho!

Yuk, ketahui faktor-faktor pemicu seseorang dijauhi teman kerjanya sendiri!

1. Egois dan Individual

Dijauhi teman kantor dekat.jpg
Foto: Dijauhi teman kantor dekat.jpg (Orami Photo Stocks)

Foto: Orami Photo Stocks

Individual sebenarnya adalah sebuah sikap yang tak selalu bermakna negatif.

Cara kerja orang berbeda-beda, bisa saja sikap individual ini yang membuat orang lain salah tafsir kepada kita.

Dijauhi teman kantor karena individualistik sepertinya tak bisa jadi alasan tepat.

Beda halnya ketika keegoisan tinggi ada di dalam diri sendiri, lho!

Orang yang egois lebih mementingkan dirinya sendiri tanpa mempertimbangkan orang lain.

Hal ini seperti membuat keputusan penting untuk kepentingan bersama.

Terlebih jika kerja sama dibutuhkan dalam kelompok kerja. Egois bukanlah hal yang tepat untuk dilakukan, Moms.

2. Judgemental Person

Faktor lain seseorang dijauhi teman kerja karena sikap negatif ini, yakni judgemental.

Melansir inhersight.com, orang dengan sikap ini tak bisa objektif terhadap kinerja pekerjaan.

Ia hanya memerhatikan hal lain di luar kinerja dan keahlian dalam bekerja.

Mencari-cari kesalahan serta menghakimi tanpa alasan jelas, bukankah tak patut dilakukan?

Sebagus apapun prestasi dalam pekerjaan, orang yang judgmental tak akan melihat itu sebagaian pencapaian.

Oleh karena itu, jangan menjadi orang yang judgemental jika tak ingin dijauhi teman kerja ya, Moms.

Baca Juga: 4 Tips Mempersiapkan Keuangan saat Program Hamil

3. Ambisi Berlebihan

dijauhi teman kerja (2)
Foto: dijauhi teman kerja (2) (Orami Photo Stock)

Foto: Orami Photo Stocks

Tidak salah jika memiliki daya juang yang tinggi dalam bekerja.

Pimpinan pun akan senang melihat seseorang yang terus bersemangat dalam mencapai target.

Tapi, jangan sampai menjadikan teman adalah musuh yang harus dikalahkan.

Terkadang terlalu ambisius juga membuat selalu berpikir bagaimana mencapai target setinggi-tingginya.

Biasanya orang dengan kepribadian satu ini kerap dijauhi teman kantor karena hanya memikirkan dirinya sendiri.

'Sikut-sikutan' jadi salah satu trik yang dilakukan untuk terlihat baik.

4. Sering Menyinggung Orang Lain

“Saya memang orang yang blak-blakan, jika kalian sakit hati dengan ucapan saya, itu urusan kalian”,

Kadang kala, ucapan itu sering dilontarkan pada salah satu rekan kerja. Orang seperti ini merasa dirinya lebih baik dibandingkan orang lain.

Jujur dalam mengemukakan pendapat memang baik, tetapi tetap perlu memikirkan perasaan orang lain.

Melansir inc.com, berhati-hatilah dalam bersikap dan berbicara. Ingat Moms, attitude yang baik akan mengantarkan kepada kesempatan pekerjaan yang lebih baik. Begitu pun sebaliknya.

5. Negative Thinking

dijauhi teman kantor.jpg
Foto: dijauhi teman kantor.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Negative thinking dapat dikatakan sebagai pola pikir yang selalu mengarah kepada hal-hal yang tidak baik.

Terlalu sering berpikiran negatif juga akan membuat citra diri ikut buruk, lho.

Penyebabnya bisa jadi karena tekanan pekerjaan yang terlalu tinggi. Jika sikap ini ada dalam diri, wajib waspada dan segera berbenah diri.

Jadikan diri sendiri menjdai pribadi yang hangat dan berpikiran terbuka. Artinya, tidak melihat sesuatu hanya dari satu sisi saja.

Baca Juga: Manfaat Kerja Bakti di Lingkungan Sekitar, Rumah, Hingga Sekolah

6. Terlalu Sensitif

Sering kali istilah baper sering terdengar akhir-akhir ini. Baik di dunia maya ataupun realita.

Baper atau singkatan dari terbawa perasaan sering dikaitkan kepada orang yang terlalu sensitif.

Terutama, ketika orang itu sedang menanggapi suatu masalah.

Dijauhi teman kantor bisa jadi karena kita terlalu sensitif dengan kritikan orang lain.

Mudah marah dan emosional tak selamanya baik untuk dirasakan, lho. Hal ini akan menjadikan orang-orang di sekitar bingung dan sulit untuk berkomunikasi dengan kita.

Dengan begini, tidak akan banyak orang yang tahan berlama-lama berteman dengan kita.

7. Bossy

Leo adalah pemimpin sejati dan tegas
Foto: Leo adalah pemimpin sejati dan tegas

Foto: Orami Photo Stocks

Ini mungkin sikap yang paling menyebalkan yang banyak terjadi di lingkungan kerja.

Sikap yang menunjukan bahwa dirinya superior dan berhak memerintah siapa saja yang dia kehendaki.

Padahal, mereka tak selalu lebih baik dari orang lain. Orang dengan sikap bossy akan menganggap dirinya lebih pintar dari yang lain.

Parahnya, orang ini terkadang sering 'melempar' pekerjaannya kepada siapa yang dianggapnya lemah.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Aplikasi Pengatur Keuangan Keluarga

8. Iri dengan Kinerja Kita

Merasa tak ada perilaku yang salah namun masih dijauhi teman kantor? Bisa saja mereka memang iri terhadap kinerjamu.

Seseorang mungkin merasa tersaingi akan keahlian yang kita miliki.

Mereka merasa diri kita adalah kompetitor yang tak boleh lebih baik dari dirinya. Kalau hal ini terjadi, tak perlu dipikirkan, Moms.

Carilah pertemanan lain yang bisa menerimamu apa adanya.

Cara Mengatasi Dijauhi Teman Kantor

Kelelahan Bekerja, Hati-hati Alami Burnout-2.jpg
Foto: Kelelahan Bekerja, Hati-hati Alami Burnout-2.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Lantas, bagaimana mengatasi keadaan ketika sedang dijauhi teman kantor? Berikut tips mudah yang bisa diikuti!

1. Permohonan Pindah Divisi

Jika perilaku kolega tidak berubah dan sudah burn out, saatnya untuk pindah divisi. Terlebih, jika dalam hal ini Moms dijauhi bukan karena kesalahan Moms.

Melansir oureverydaylife.com, cara ini dilakukan agar seseorang tak merasa sengsara ketika bekerja.

Meminta pindah divisi pun perlu pertimbangan panjang dan rekomendasi atasan.

Namun, pertimbangkan lagi apakah lingkungan baru dapat membuat diri kita jadi lebih baik?

2. Ajak Rekan Kerja Bicara

Ada satu orang yang menjauhi kita? Moms boleh mengajaknya mengobrol berdua saja dari hati ke hati.

Ajaklah tukar pikiran mengapa menjauhi diri kita selama ini. Jika ada yang salah, perbaiki kesalahan itu dan utarakan maaf kepadanya.

Pasalnya, berlama-lama saling mendiamkan tak akan mengubah apa pun kan?

Baca Juga: Lelah dengan Notifikasi Grup? Ini Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara dan Permanen

3. Tidak Usah Ditanggapi

Sudah waktunya untuk tak menanggapi lingkungan sekitar yang mengganggu.

Jika sikap kita sudah benar namun masih dijauhi rekan kerja, biarkan saja, Moms.

Memikirkan orang lain malah membuat diri sendiri menjadi beban. Bisa saja, mereka melakukan itu hanya karena alasan yang tak begitu jelas.

Demikian alasan dan cara mengatasi keadaan dijauhi teman kantor. Semoga bermanfaat ya, Moms!

  • https://www.inhersight.com/blog/culture-and-professionalism/judgmental-people#:~:text=Judgmental%20people%20aren't%20interested,a%20situation%20before%20passing%20judgment.
  • https://www.inc.com/mandy-gilbert/5-reasons-youre-getting-ignored-at-work-and-what-to-do-about-it.html
  • https://oureverydaylife.com/deal-colleague-suddenly-stops-speaking-18321.html

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.