06 September 2024

20 Contoh Soal ANBK SMA 2024, Lengkap dengan Kunci Jawaban!

Yuk, ajak anak untuk mengerjakan contoh soal berikut ini
20 Contoh Soal ANBK SMA 2024, Lengkap dengan Kunci Jawaban!

Foto: freepik

ANBK SMA dan sederajat dijadwalkan berlangsung pada 9 September 2024. Contoh soal ANBK SMA pun perlu disimak, nih!

Mengutip dari Kemendikbud, Asesmen Nasional Berbasis Komputer adalah program evaluasi yang diselenggarakan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

Yuk, simak beberapa contoh soal ANBK SMA di sini!

Baca Juga: 10 Contoh Soal ANBK SMP Lengkap dengan Jawaban!

Contoh Soal ANBK SMA Literasi

Ilustrasi Contoh Soal ANBK SMA (Orami Photo Stock)
Foto: Ilustrasi Contoh Soal ANBK SMA (Orami Photo Stock)

Soal Nomor 1

Perhatikan teks berikut!

Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sangat besar bagi perekomian Indonesia. Pada saat usaha besar sedang dalam tren melambat, pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) UMKM cukup stabil.

Tidak memandang latar belakang dan pendidikan seseorang, setiap orang memiliki kesempatan yang sama dalam memulai bisnis usaha UMKM.

Agar masyarakat tertarik dalam usaha UMKM, pemerintah menurunkan Pph final dari 1% menjadi 0,5% sehingga pelaku usaha UMKM tidak merasa terlalu dibebani pajak.

Nah, Sobat, bagi kamu yang berencana untuk memiliki UMKM sendiri, kamu bisa memulainya dengan modal kecil, lho.

Terdapat banyak jenis UMKM yang bisa kamu jadikan referensi untuk merintis usaha. Bidang kuliner merupakan salah satu jenis UMKM yang menguntungkan dan selalu laris.

Bisnis kuliner juga memiliki banyak kategori, seperti makanan ringan, minuman, sampai dengan makanan pokok.

Semua usaha kuliner memiliki potensi yang bagus karena kuliner banyak dicari oleh masyarakat, terlebih yang tinggal di kota besar.

Walaupun demikian, keberhasilan menjalankan UMKM tetap tergantung pada bagaimana kamu memasarkan produk dan berinovasi.

Setelah mencermati teks tersebut, kalian mendapatkan pemahaman bahwa UMKM perlu dilindungi dan didukung oleh pemerintah dengan alasan ....

  • A. UMKM dapat menyerap tenaga kerja sangat banyak
  • B. untuk merintis UMKM diperlukan modal yang besar
  • C. bisnis UMKM mendominasi perekonomian di Indonesia
  • D. pelaku UMKM harus memiliki keterampilan profesional

Jawaban: B

Soal 2

UMKM perlu didukung oleh sumber daya manusia yang memiliki kemampuan untuk menjalankan sebuah usaha karena ....

  • A. pengembangan UMKM sangat penting dalam mendorong perekonomian Indonesia
  • B. kemampuan yang baik dapat diperoleh oleh pelatihan-pelatihan yang disediakan pemerintah
  • C. mengembangkan kualitas sumber daya manusia adalah hal yang perlu diprioritaskan
  • D. diperlukan keterampilan agar usaha yang dijalankan dapat bertahan dan berkembang

Jawaban: D

Baca Juga: 7 Tips Memilih Formasi CPNS agar Peluang Lulus Seleksi Lebih Besar

Soal 3

Lilin Kecil dalam Sinar Kegelapan

Seperti lilin kecil ini, kau mampu terangi gelapku

Sinarmu memang tak banyak, tapi itu sangat berarti

Tatkala malam datang membawa kegelapan,

Hadirmu bagai sang malaikat dengan cahaya-cahaya penuh kasih

Menepis lara, mendamaikan hati, dan menyejukkan cinta

Nalarku membahana lagi setiap kali mengartikanmu

Langkahmu laksana embusan angin datang dan pergi

Meruntuhkan daun cemara yang hidup damai di tangkainya

Perlahan sinarmu redup

Dan pergi meninggalkanku dalam gelap

Dengan mata, tapi tak kuasa melihatmu

Sepasang telingaku pun tak mampu mendengar bisikmu

Kini rinduku berujung pada bias-bias bayangmu

Dengan senyuman dan sedikit tawa menambah luka

Seribu sinar pun takkan mampu menggantikanmu

Sejuta kenanganmu kini menyiksa kesendirianku

Dalam gelap, kucoba melangkah sendiri

Lilin kecilku,Kurindu akan sinar kedamaianmu

(Yayan Hidayat, Banjarmasin, 03 02 2011)

Mengapa penulis menganggap bahwa lilin kecil itu sangat berarti?

  • A. Sinar lilin itu tidak banyak
  • B. Lilin itu membawa harapan
  • C. Kehadiran lilin itu dapat meruntuhkan cemara
  • D. Langkah lilin itu laksana embusan angin
  • E. Lilin itu dapat menerangi dalam kegelapan

Jawaban: E

Soal 4

Puisi merupakan karya sastra yang dapat menggambarkan perasaan penulisnya.

Manakah dari pernyataan-pernyataan di bawah ini yang menggambarkan perasaan penulis dalam puisi tersebut?

  • A. Kesedihan karena kehilangan orang tersayang
  • B. Kegelisahan karena lilin kecil hampir redup
  • C. Kerinduan terhadap kenangan yang indah
  • D. Ketidakmampuan melangkah dalam gelap
  • E. Kesendirian yang menyiksa jiwa dan raga

Jawaban: C

Soal 5

Baca puisi di bawah ini.

Di Negeri Amplop

Karya: A. Mustofa Bisri (Gus Mus)

Di negeri amplop
Aladin menyembunyikan lampu wasiatnya, malu
Samson tersipu-sipu, rambut keramatnya ditutupi topi rapi-rapi
David Copperfield dan Houdini bersembunyi rendah diri
Entah andaikata Nabi Musa bersedia datang membawa tongkatnya

Amplop-amplop di negeri amplop
mengatur dengan teratur
hal-hal yang tak teratur menjadi teratur
hal-hal yang teratur menjadi tak teratur
memutuskan putusan yang tak putus
membatalkan putusan yang sudah putus

Amplop-amplop menguasai penguasa
dan mengendalikan orang-orang biasa
Amplop-amplop membeberkan dan menyembunyikan
mencairkan dan membekukan
mengganjal dan melicinkan

Orang bicara bisa bisu
Orang mendengar bisa tuli
Orang alim bisa napsu
Orang sakti bisa mati

Di negeri amplop
amplop-amplop mengamplopi
apa saja dan siapa saja

Setelah membaca puisi Di Negeri Amplop, bagaimana suasana hati yang digambarkan oleh penulis?

  • A. Marah
  • B. Bahagia
  • C. Sedih
  • D. Syahdu
  • E. Optimis

Jawaban: A

Soal 6

Wacana 1: Menang dari Kutukan Sepak Bola

Sepak Bola adalah kutukan. Setiap hari olahraga, ketika kami, anak laki-laki, akan digiring ke lapangan sepak bola.

Kami yang hanya 13 orang akan berjalan ke lapangan, terbakar matahari jelang siang, membagi kelompok sendiri dan sesuka hati menentukan posisi.

Apa dayaku, anak bawang yang kadang diajak bila ada yang kosong. Di lapangan orang menjadi demikian egois.

Begitu bola sampai di kakimu, di kanan-kirimu akan ada yang bersorak, “Woi, kasih bola woiii…”, “Umpan woii, umpan…”, atau teriakan lain bernada perintah sama. Semua mengalaminya, tetapi sepertinya cuma saya yang tak tahan suasana ini.

Semua orang selalu ingin hadir di depan gawang dan berharap dikenang sebagai pahlawan.

Lalu, saya yang tak sepenuhnya paham teknik dan posisi, yang hanya sesekali menerima umpan, akan dikenang sebagai apa selain pecundang?

Tidak, saya takkan mengambil bola untuk memberi jalan seseorang yang tak pernah berterima kasih setelahnya.

Dalam setiap permainan saya selalu dikalahkan. Menggunakan cara-cara manis mereka menenangkan saya.

Namun yang sering terjadi, saya akan diajak lebih sering karena pemain kurang, dengan janji-janji muluk tadi. Jika pemain bertambah banyak, saya pun terabaikan.

Selain sepak bola, saya benci pula main perang-perangan, tinju-tinjuan, seperti waktu kecil.

Sumpah mati, apa enaknya permainan ini? Kita berkelompok, saling sembunyi dan menyerang.

Permainan ini tak sepenuhnya mengandalkan insting, melainkan juga kemampuan untuk keras kepala dan berdebat.

Setiap yang ditinju, dipukul tak pernah mengaku mati, justru merekalah yang merasa lebih dulu menembak akan menjadi marah, setengah ingin menangis.

Di tengah permainan saya memilih banyak mengalah. Terus-terusan berlari dan bersembunyi, meninju lawan tetapi selalu mati duluan, atau mundur dengan jantan dari arena dengan sorakan yang membuat tangismu bisa pecah sebelum sampai di garis aman.

Ya, apa pun itu permainannya, bisa dipastikan saya kalah. Tapi, saya tetap ingin maju di setiap pertandingan.

Karena sesukar apa pun, semua permainan itu memang tampak begitu seru. Saya tak sendirian sebenarnya.

Tetapi, sering kali para pecundang tak pernah memiliki ikatan persaudaraan.

Barangkali saya harus kalah setiap kali bermain sepak bola untuk memberikan kesempatan teman-teman mendapatkan kemenangan agar permainan menjadi lebih seru.

Pada siang terik itu, saya menemukan suatu pencerahan. Sambil tersenyum saya mengatakan kepada diri saya sendiri, “setiap kali permainan ini terjadi, setiap kali saya pergi ke lapangan untuk bermain sepak bola, apapun yang terjadi, saya sudah menang.

Setiap pecundang yang terus berangkat ke medan itulah kemenangan yang sesungguhnya”. Itulah keputusanku tentang sepakbola bagi seorang anak bawang sepertiku.

Hari ini aku menyatakan bahwa aku menang dari sepakbola yang selalu menjadi kutukan. Terus berangkat adalah kemenangan.

*Cerita diadaptasi dari Cerpen Sunlie Thomas Alexander (Jawa Pos, 15 November 2020)

Mengapa tokoh saya dalam teks tersebut hanya mendapat umpan sesekali saja saat bermain sepak bola?

  • A. Ia hanya ditempatkan sebagai pemain cadangan.
  • B. Ia selalu berperan sebagai pengambil bola.
  • C. Ia kurang memahami teknik dan posisi pemain.
  • D. Ia memilih banyak mengalah dalam setiap permainan.
  • E. Ia tidak suka bermain sepak bola.

Jawaban: C

Baca Juga: Jadwal Pendaftaran CPNS 2024 Resmi dari BKN, Lengkap!

Soal 7

Pada mulanya, tokoh saya merasa tidak percaya diri sebab selalu kalah dan selalu menjadi pemain cadangan.

Namun, pada akhirnya ia mengalami perubahan cara berpikirnya, yaitu ...

  • A. Ia mulai sadar dengan berpikir bahwa melihat permainan menjadi sangat seru sehingga selalu menang.
  • B. Ia menemukan pencerahan dengan berpikir bahwa terus berangkat ialah kemenangan yang sesungguhnya.
  • C. Ia mulai berpikir bahwa menang dan kalah tidaklah penting lagi baginya karena menang kalah adalah hal biasa.
  • D. Ia mulai sadar ketika teman-temannya mendapatkan kemenangan permainan, sehingga membuatnya tertantang.
  • E. Ia mulai berpikir bahwa memberikan kesempatan kepada teman-teman untuk menang bukan berarti kalah.

Jawaban: B

Soal 8

Setelah membaca isi teks tersebut, kamu dapat menyimpulkan perasaan tokoh saat mengalami setiap peristiwa.

Bagaimanakah perasaan tokoh saya dalam cerita tersebut? Pilih Benar atau Salah untuk setiap pernyataan berikut!

  1. Tokoh saya merasa hanya dibutuhkan pada saat pemain kurang.
  2. Tokoh saya tidak menyukai permainan yang mengadu fisik.
  3. Tokoh saya optimis pada setiap permainan yang diikutinya.

Jawaban: Benar - Benar - Salah

Soal 9

Panic Buying sebagai Gejala Sosial

Gejala sosial adalah fenomena yang menandai munculnya permasalahan sosial di masyarakat.

Permasalahan ini memengaruhi dan dipengaruhi oleh tingkah laku setiap individu di dalam lingkungan hidupnya.

Pengertian umum ini diadopsi dari ilmu alam untuk diterapkan dalam ilmu sosial, khususnya Sosiologi.

Emile Durkheim adalah tokoh sosiologi klasik yang mempopulerkan gejala sosial sebagai objek kajian sosiologi.

Munculnya gejala sosial diawali dari perubahan-perubahan sosial yang ada di masyarakat.

Contoh perubahan tersebut adalah perubahan kondisi ekonomi, kondisi pemerintahan, kondisi lingkungan alam, dan kondisi sosial dalam komunitas masyarakat.

Misalnya saja perubahan sosial yang terjadi di masa pandemi virus corona pada tahun 2020.

Merebaknya virus corona ke beberapa negara pada tahun tersebut menyebabkan banyak terjadi gejala sosial baru.

Kepanikan sosial melanda di banyak sudut dunia. Salah satu gejala sosial yang melanda beberapa negara akhir-akhir ini adalah panic buying.

Panic buying merupakan fenomena ketika masyarakat melakukan penimbunan beberapa barang pada saat terjadi situasi darurat tertentu.

Dalam kasus merebaknya virus corona, barang-barang yang menjadi incaran para konsumen adalah hand sanitizer (cairan pembersih tangan) dan masker.

Hal ini terjadi karena kepanikan masyarakat akan kelangkaan barang yang menyebabkan melambungnya harga.

Memahami gejala sosial, seperti panic buying, sangat penting untuk mencegah munculnya permasalahan sosial yang lebih besar.

Tindakan mengobati gejala sosial dapat mengurangi risiko bencana sosial ke depan.

Dengan memahami dan menemukan solusi atas munculnya gejala sosial ini, diharapkan efek negatif ke depan bisa diantisipasi.

Berdasarkan teks wacana tersebut, apa efek negatif panic buying bagi negara?

  • A. menimbulkan inflasi atau kenaikan harga
  • B. membuat keuangan akan terganggu
  • C. melancarkan usaha masyarakat kecil
  • D. menyebabkan produktivitas meningkat
  • E. meningkatkan daya saing dan kualitas

Jawaban: A

Soal 10

Judul pada wacana teks mengandung arti bahwa peran seorang pembeli sangat menentukan terjadinya situasi panic buying.

Berilah tanda centang (√) pada setiap pernyataan yang sesuai sebagai perubahan dan upaya praktis yang dapat kita lakukan untuk mengatasi panic buying!

  • A. Membuat secara kreatif barang keperluan selama terjadi masalah sosial panic buying.
  • B. Membeli barang seperlunya atau tidak melampaui batas kewajaran pembelian barang.
  • C. Ikut terlibat dalam pengadaan barang sehingga pasti akan kebagian barang tersebut.
  • D. Membuat posko pengaduan kelangkaan barang yang akan dilaporkan ke pemerintah.
  • E. Melakukan kegiatan sosial untuk membantu atau berbagi barang dengan sesama.

Jawaban: A, B, E

Baca Juga: Jadwal ANBK 2024 untuk Tingkat SD-SMA, Yuk Cari Tahu!

Contoh Soal ANBK SMA Numerasi

Contoh Soal ANBK SMA 2023 Numerasi (Orami Photo Stock)
Foto: Contoh Soal ANBK SMA 2023 Numerasi (Orami Photo Stock) (Orami Photo Stock)

Soal Nomor 11

TOKO BUNGA

Untuk memperingati hari ulang tahun pernikahannya yang ke-10, Didi dan Lala memesan 10 jenis buket bunga di AKM Florist. Pada setiap jenis buketnya, pasti terdapat bunga mawar merah dan mawar putih. Jumlah mawar merah dan mawar putih pada setiap jenis buketnya memiliki makna tersendiri bagi mereka. Diketahui bahwa jumlah mawar merah dan mawar putih pada buket jenis ke-n, berturut-turut diberikan oleh persamaan

Perlu diketahui bahwa titik puncak dari persamaan kuadrat  adalah

Buket bunga dengan jumlah mawar merah dan mawar putih yang sama banyak akan diletakkan di sudut kanan dan kiri ruang tamu. Buket bunga tersebut adalah jenis ke-....

Catatan: Jawaban bisa lebih dari satu

  • A. 1
  • B. 2
  • C. 5
  • D. 8
  • E. 10

Jawaban: A dan D

Soal Nomor 12

Contoh Soal ANBK SMA (Kherysuryawan)
Foto: Contoh Soal ANBK SMA (Kherysuryawan)

Investasi adalah penanaman modal untuk satu atau lebih aktiva yang dimiliki dan biasanya berjangka waktu lama dengan harapan mendapatkan return di masa yang akan datang. Keputusan penanaman modal tersebut dapat dilakukan oleh individu atau suatu entitas yang mempunyai kelebihan dana. Investasi selalu memiliki dua sisi, yaitu return dan risiko. Berikut ini disajikan grafik harga emas ANTAM pada bulan Mei 2019.

Dengan melihat grafik harga emas di atas tentukanlah pernyataan di bawah ini bernilai benar atau salah!

  • A. Harga emas pada tanggal 17 Mei adalah Rp595.000,00.
  • B. Harga emas pernah mencapai Rp605.000,00.
  • C. Perbedaan harga emas di awal dan akhir bulan Mei adalah lebih dari Rp15.000,00.
  • D. Secara umum harga emas pada bulan Mei adalah menurun.

Jawaban: Benar - benar - salah- salah

Soal Nomor 13

Berdasarkan grafik harga emas di atas, tentukan kebenaran pernyataan berikut!

  • A. Harga emas selalu meningkat dalam bulan Mei 2019.
  • B. Pada akhir bulan Mei 2019, harga emas lebih tinggi bila dibandingkan pada awal bulan Mei 2019.
  • C. Laju kenaikan harga emas mulai tanggal 28 Mei hingga 31 Mei adalah positif.
  • D. Laju kenaikan harga emas mulai tanggal 28 Mei hingga 31 Mei adalah yang tertinggi selama bulan Mei 2019.

Jawaban: Salah -  benar - benar - salah.

Soal Nomor 14

Contoh Soal ANBK SMA (Kherysuryawan)
Foto: Contoh Soal ANBK SMA (Kherysuryawan)

Pada tahun 2025, diprediksikan total kapasitas produksi air hanya dapat memenuhi … dari total kebutuhan air baku penduduk DKI Jakarta.

  • A. 38%
  • B. 43%
  • C. 45%
  • D. 46%
  • E. 62%

Jawaban: A

Soal Nomor 15

Besar simpangan baku defisit air sejak tahun 2010 hingga tahun 2025 … simpangan baku total kapasitas produksi air pada tahun yang sama. Apa kata yang tepat untuk mengisi titik-titik di atas?

  • A. sama dengan
  • B. berbeda dengan
  • C. lebih dari
  • D. kurang dari
  • E. tidak dapat ditentukan dari grafik

Jawaban: C

Soal Nomor 16

Pada suatu kompetisi badminton tersisa 8 peserta dari berbagai negara pada babak quarterfinal. Ada beberapa aturan untuk peserta dapat melaju ke semifinal dan final, yakni:

Peserta yang mendapatkan kemenangan set lebih besar akan menang dan masuk babak semifinal. Peserta grup I dan grup II yang menang dalam semifinal akan bertanding di final.

Berikut data jumlah kemenangan set dalam babak quarterfinal:

Soal ANBK SMA
Foto: Soal ANBK SMA (Try Out ANBK SMA SMK)

Berdasarkan data pada tabel, berapakah peluang peserta A bertemu peserta F di final?

  • A. 1/9
  • B. 1.4
  • C. 4/9
  • D. 1/2

Jawaban: B

Soal Nomor 17

Jika setelah babak quarterfinal peserta H mengalami cedera sehingga tidak bisa melanjutkan ke babak selanjutnya, tentukan benar atau salah untuk setiap pernyataan berikut!

  • i. Peluang peserta F bertemu peserta A di final adalah 1/2 (Benar/Salah)
  • ii. Peluang peserta F bertemu peserta C di final adalah 1/4 (Benar/Salah)
  • iii. Peluang peserta F bertemu peserta B di final adalah 0 (Benar/Salah)

Jawaban: i (Benar), ii (Salah), iii (Benar)

Soal Nomor 18

Pendapatan sopir bus antarkota ditentukan dari besarnya UMR ditambah uang lembur per jam, dan ditambah hasil kali rata-rata indeks kepuasan pelanggan dengan jumlah penumpang dalam satu bulan kali 1.000.

Indeks kepuasan pelanggan dalam bentuk persentase mulai 50 sampai 90 persen. Uang lembur adalah Rp20 ribu per jam dan maksimal lembur satu hari 3 jam.

Jika upah UMR daerah setempat adalah Rp3.200.000, rata-rata indeks adalah i, banyaknya penumpang x dan jumlah jam lembur dalam satu bulan y, maka pendapatan supir bus antar kota P dapat ditulis dengan rumus...

  • A. P = 1.000ix + 20.000y + 3.200.000
  • B. P = 20.000x + 1.000iy + 3.200.000
  • C. P = ix + 3.200.000 - 20.000y
  • D. P = ix + 20.000y + 3.200.000
  • E. P = iy - 20.000y - 3.200.000

Jawaban: C

Soal 19

Sahabat Pak Andi memiliki penghasilan total Rp4.050.000 dengan rata-rata indeks kepuasan pelanggan 90 persen, dengan total penumpang 500 orang, maka jumlah total jam lembur dalam satu bulan adalah...

  • A. 15 jam
  • B. 20 jam
  • C. 25 jam
  • D. 30 jam
  • E. 35 jam

Jawaban: B

Soal 20

Kedai kopi "LEGENDA" menawarkan berbagai jenis kopi, yaitu Cappucino, Caffe Latte, Caffe Machiato, Picolo, yang bisa disajikan dalam keadaan dingin.

Sementara, Americano, Espresso, On teh Rock, dan Manual Brew hanya disajikan dalam keadaan panas.

Setiap kopi dingin bisa ditambah topping, yakni boba, biskuit regal, orea, coffe jellu, grass jelly, beng-beng, dan seral.
Banyaknya kombinasi kopi dingin dengan satu toping adalah...

  • A. 7
  • B. 11
  • C. 15
  • D. 26
  • E. 28

Jawaban: E

Baca Juga: 20 Contoh Soal ANBK SMP 2024, Literasi dan Numerasi

Demikian beberapa contoh soal ANBK SMA literasi dan numerasi yang bisa Moms ajarkan pada anak!

  • https://ainamulyana.blogspot.com/2023/04/kumpulan-soal-jawaban-to-anbk-numerasi.html
  • https://www.fokusmuria.co.id/pendidikan/3109627788/baru-2023-contoh-soal-anbk-sma-kelas-11-dan-jawabannya-latihan-soal-asesmen-nasional-literasi-numerasi?page=5
  • https://drive.google.com/file/d/1SrlcZNOHx2HxsIYv2sTrXwi-u_yOR4S9/view

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.