Jangan Terkecoh! Hindari Fake Influencer untuk Bisnis Anda
Influencer palsu memang sering mengkhawatirkan, apalagi untuk pelaku bisnis.
Namun ternyata pada bulan Mei, Instagram telah melakukan penghapusan comment dan likes pada pengguna aplikasi. Hal ini membuat engagement influencer banyak yang turun drastis dari 1,7% menjadi 1% saja pada di beberapa akun tertentu.
Fenomena ini telah menunjukkan bahwa ada begitu banyaknya influencer palsu yang berkeliaran dengan membeli followers, agar para influencer palsu ini memiliki kredibilitas yang tinggi. Nah untuk Anda yang memiliki bisnis dan ingin bekerjasama dengan influencer, kenali apa saja ciri-ciri influencer palsu yang akan dijelaskan berikut ini.
Apa Itu Influencer Palsu?
Nah, hal yang perlu diketahui influencer palsu ini adalah seseorang yang memanipulasi jumlah followers mereka dengan membeli akun fake followers atau biasa disebut dengan bot. Hal ini dibuat untuk membuat seseorang ini melihat adanya jalan pintas tanpa harus membangun followers mereka dari bawah.
Cara ampuh yang paling mudah diketahui untuk influencer yang menggunakan followers palsu ini, bisa dilihat dari adanya jumlah followers meningkat secara mendadak, engagement yang terlalu rendah, dan juga kualitas audiens yang cenderung aneh atau tidak jelas.
Lakukan Kerjasama Dengan Nano atau Mikro Influencer
Untuk menghindari bisnis dapat terhindar dari influencer palsu ini, Anda bisa bekerja sama dengan nano dan mikro influencer. Mengapa? Karena level influencer yang lebih rendah ini sering diketahui akan membawa hasil yang lebih maksimal, seperti nano dan mikro influencer. Untuk mikro influencer bisa digunakan untuk marketing campaign yang memiliki spesifik target audiens.
Fokuskan Pada Metrics yang Lain
Hal yang biasa kita perhatikan saat melihat influencer itu sukses bisa dari likes, comments, dan jumlah followers. Memang indikator tersebut adalah indikator yang paling mudah.
Namun ada hal lain yang bisa dilihat, seperti reach sangat bisa digunakan sebagai alat ukur lain. Mengapa? Karena, angka reach ini tidak dapat dimanipulasi begitu saja.
Kita berhak mencurigai, jika influencer memiliki engagement rate yang telalu rendah lho! Normalnya, engagement rate pada akun pribadi adalah 3%, nah kalau kurang dari angka tersebut Anda patut untuk mencurigai influencer tersebut.
Hindari Fake Influencer Dengan IbuSibuk
Mengapa? Karena kualitas KOL (Key Opinion Leader) dan Influencer dari IbuSibuk bisa menjamin bisnis Anda. IbuSibuk menggunakan KOL dan yang real dan tidak menggunakan fake followers.
Jika Anda tertarik untuk menjalankan marketing influencer, namun takut untuk menemukan influencer palsu. IbuSibuk dengan senang hati akan membantu Anda, untuk mengecek engagement dan jumlah followers incaranmu tanpa harus takut menggunakan influencer palsu.
Yuk, hubungi IbuSibuk sekarang dan konsultasikan marketing influencer sesuai dengan keinginan Anda.
Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.
Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan
Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.