Rahasia Membangun Branding Bisnis di Media Sosial!
Salah satu hal krusial dalam membangun bisnis adalah membuat brand image. Brand image adalah ciri khas atau kesan dari suatu merek untuk menimbulkan ingatan tertentu tentang merek tersebut pada konsumen. Walau media sosial saat ini sudah sangat membantu brand dalam mengenalkan produk, tidak bisa dipungkiri bahwa banyaknya kompetitor mengharuskan brand untuk memiliki keunikan tersendiri agar lebih mudah dikenal.
Tentukan Target Audiens
Langkah utama sebelum membangun brand adalah menentukan target audiens. Karena dengan tahu jelas segmentasi market Anda, akan mempermudah dalam menentukan konten, platform, membentuk brand image, dan cara berinteraksi dengan audiens. Contohnnya, fokus memasarkan produk makanan bayi kepada wanita yang sudah memiliki anak dengan umur berkisar 21 - 40 tahun.
Buat Nama, Logo, dan Design Feeds Bisnis Anda Menarik
Sebelum membangun brand image, tentukan apa keunikan bisnis yang ingin Anda tunjukkan pada konsumen. Keunikan ini yang akan diimplementasikan ke dalam warna, desain, logo, atau cara Anda mempromosikan produk dalam jangka panjang. Dalam membuat logo dan desain feed di media sosial pun harus sesuai dengan color palette, yaitu warna berdasarkan brand image yang sudah Anda tentukan.
Logo dan nama adalah hal yang akan selalu diingat oleh audiens dalam jangka panjang, sehingga butuh arti dan desain yang menarik untuk memudahkan orang-orang mengingat brand Anda.
Baca Juga: Wajib Tahu, Trend Influencer Marketing di tahun 2022!
Membuat Konten yang Menarik dan Shareable
Untuk fokus dalam membangun branding bisnis, tidak semua konten cocok untuk media sosial brand Anda. Utamakan membuat konten yang menarik dan mendorong interaksi audiens dalam postingan tersebut, atau bisa juga membuat konten edukasi yang memiliki value agar konten bisa menarik perhatian dan dibagikan oleh banyak orang. Akan lebih baik juga untuk rutin dan konsisten mengunggah konten setiap harinya. Beberapa tips membuat konten yang tepat untuk brand Anda bisa dengan beberapa cara berikut:
- Membuat konten yang relatable dengan audiens.
- Konten dikaitkan dengan apa yang sedang trend atau viral.
- Membuat konten untuk berinteraksi dengan followers.
- Konten edukasi dengan cara penulisan yang menarik.
- Desain konten yang menarik namun tetap senada dengan warna brand Anda.
- Menggunakan hashtag.
Bangun Hubungan dan Interaksi dengan Audiens
Baca Juga: Wajib Tahu Istilah Ini Sebelum Memasarkan Produk di Media Sosial
Angka followers yang banyak dan terus meningkat tidaklah cukup, diperlukan juga konsistensi untuk berinteraksi dengan followers setiap harinya. Ada banyak cara untuk membangun hubungan yang baik dengan followers, bisa melalui konten, membalas komentar, membalas pesan atau direct message, serta repost postingan atau testimoni dari followers.
Menggunakan Influencer untuk Mengenalkan Brand Anda
KebanyakanInfluencer memiliki personal branding-nya masing-masing. Hal ini dapat dimanfaatkan dengan melakukan kerja sama dengan Influencer untuk mempromosikan brand Anda. Banyak brand yang melakukan strategi influencer marketing namun memilih influencer yang salah. Pilihlah influencer yang memiliki value dan brand identity yang sama dengan brand Anda. Banyak strategi yang bisa digunakan untuk meningkatkan sales dan brand awareness ketika bekerja sama dengan influencer, seperti dengan melakukan giveaway atau kode diskon.
Baca Juga: Tips Memilih Influencer yang Tepat Untuk Memaksimalkan Bisnis
Untuk mencari influencer yang tepat dan sesuai dengan brand bukanlah pekerjaan yang mudah, mencari tahu informasi mengenai tarif, engagement rate, segmentasi market influencer secara satu-persatu akan memakan waktu yang sangat lama. IbuSibuk bisa menjadi alternatif bagi Anda untuk menjangkau banyak influencer hanya dengan satu rate card.
IbuSibuk sudah memiliki lebih dari 50.000 Mom Influencer, terutama nano dan micro influencer. IbuSibuk bisa membantu brand Anda jadi lebih dikenal secara luas dan mensukseskan branding bisnis Anda! Segera hubungi tim IbuSibuk untuk konsultasi dan buat campaign brand Anda di sini!
Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.
Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan
Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.