Penyebab Token Listrik Gagal 3 Kali, Begini Solusinya!
Token listrik gagal 3 kali bisa terjadi pada siapa saja dan sering terjadi.
Masalah kegagalan token listrik sebanyak tiga kali menjadi hal yang sangat mengganggu, ya Moms.
Gagal memasukkan token listrik selalu menjadi salah satu kendala yang sering dialami oleh para pelanggan PLN.
Dalam situasi ini, penting untuk mencari solusi yang tepat untuk memastikan token listrik masuk dengan benar.
Nah, untu mengatasi hal tersebut, ternyata ada solusinya sehingga tak perlu khawatir.
Baca Juga: Begini Cara Mengisi dan Mengecek Token Listrik dengan Mudah dan Cepat!
Penyebab Token Listrik Gagal 3 Kali
Ada banyak penyebab mengapa token listrik gagal 3 kali.
Saat token listrik gagal 3 kali saat dimasukkan, kita pasti bisa merasa gusar karena jika listrik tidak segera diisi, maka akan mengganggu aktivitas yang dijalani di dalam rumah.
Sementara itu, Moms juga bisa takut kalau token listrik yang sudah dibeli tidak bisa digunakan lagi.
Beberapa penyebab token listrik gagal 3 kali, yaitu:
1. Server PLN Sedang Error
Penyebab yang sering dialami ketika token listrik gagal 3 kali karena server PLN sedang error.
Hal ini memang tidak bisa dihindari karena permasalahannya bukan berasal dari Moms.
Jadi, solusinya adalah menunggu hingga server PLN normal kembali.
2. Salah ID Meter Saat Membeli Token Listrik
Penyebab yang kedua adalah salah ID meter ketika membeli token listrik.
Saat membeli token listrik, kita akan memberikan ID meter.
Jika salah memberikan, maka nomor token listrik tidak bisa dimasukkan.
Sebab, token yang sudah dibeli akan terhubung secara otomatis dengan ID meter.
3. Pemasangan Instalasi Listrik yang Salah
Salah satu penyebab dari token listrik gagal 3 kali adalah karena pemasangan instalasi listrik yang salah.
Solusi dari penyebab ini, yaitu menghubungi kantor PLN terdekat untuk mengatasinya.
Baca Juga: 15 Rekomendasi Kulkas 2 Pintu Hemat Listrik, Banyak Dibawah 100 Watt!
4. Adanya Masalah pada Meteran Listrik
Penyebab lainnya dari token listrik gagal 3 kali karena terjadinya masalah pada meteran listrik.
Tanda kalau meteran listrik bermasalah adalah adanya tulisan periksa, cancel, blocked, hingga meteran yang tiba-tiba mati.
5. Batas Meteran Listrik Over Limit
Penyebab token listrik gagal 3 kali yang lainnya adalah karena batas meteran listrik over limit.
Jika dalam satu bulan jumlah yang telah dimasukkan melebihi batas maksimal, maka token yang dimasukkan akan gagal karena over limit.
6. Salah Memasukkan Token Listrik
Penyebab yang selanjutnya adalah salah memasukkan token listrik.
Penyebab ini yang paling banyak sering dialami.
Kemungkinan salah memasukkan satu hingga dua nomor token sehingga pemasukan token menjadi gagal.
7. Masalah Jaringan
Selain server PLN, masalah selanjutnya yang bisa menyebabkan token listrik gagal 3 kali adalah masalah jaringan.
Jaringan komunikasi antara sistem pembelian token dan meteran listrik bisa mengalami gangguan.
Jika koneksi internet atau jaringan seluler tidak stabil atau bermasalah, bisa menyebabkan kegagalan saat memasukkan token.
Cara Mengatasi Token Listrik Gagal 3 Kali
Saat token listrik gagal 3 kali dimasukkan, tentu saja ada mengakibatkan meteran listrik diblokir.
Jika meteran listrik terblokir, maka tidak bisa memasukkan nomor token listrik kembali sebelum pihak PLN membuka blokirannya.
Untuk mengatasi token listrik gagal 3 kali, ada beberapa cara yang bisa dilakukan dengan cepat, yaitu:
1. Hubungi Call Center PLN
Cara pertama untuk mengatasi token listrik gagal 3 kali adalah dengan menghubungi call center PLN di nomor 123.
Nantinya, kita hanya mengikuti instruksi yang diberikan oleh petugas call center.
Baca Juga: Tips AC Hemat Listrik, Bikin Murah Pengeluaran Rumah Tangga!
2. Hubungi Media Sosial PLN
Jika token listrik gagal 3 kali saat dimasukkan, Moms juga bisa menghubungi media sosial PLN.
Untuk layanan media sosial PLN yang bisa menerima masukan dan keluhan dari para pelanggannya adalah:
- Facebook: PLN 123
- Twitter: @pln_123
- Instagram: pln123_pln.co.id
3. Mengirimkan Email Keluhan
Mengirimkan email keluhan kepada PLN dapat menjadi cara mengatasi permasalahan token listrik gagal 3 kali saat dimasukkan.
Untuk alamat email PLN adalah pln123@pln.co.id.
Setelah mengetik alamat email yang dituju, tuliskan judul subjek email ‘token listrik gagal 3 kali’.
4. Adukan Lewat PLN Mobile
Cara lain untuk mengatasi token listrik gagal 3 kali adalah mengadukannya lewat PLN Mobile.
PLN Mobile sudah dilengkapi fitur Auto Dispatch yang memungkinkan penerusan laporan secara langsung ke petugas PLN terdekat.
Caranya dengan mengunduh PLN Mobile di AppStore hingga PlayStore.
Pilih menu pengaduan pada halaman depan aplikasi dan pilih jenis keluhan.
5. Mendatangi Kantor PLN Terdekat
Cara mengatasi token listrik gagal 3 kali yang terakhir ini sebenarnya tidak terlalu efisien.
Hal ini dikarenakan harus mendatangi kantor PLN terdekat untuk mengurus masalah gagal memasukkan nomor token listrik yang mengakibatkan pemblokiran.
Kita bisa mendatangi kantor PLN terdekat dari rumah.
Tentu saja datangnya harus di jam kantor, yakni sekitar jam 08.00-17.00.
Saat datang ke kantor PLN terdekat, tinggal bertemu petugas yang sedang berjaga lalu katakan permasalahan yang dialami.
Nantinya sang petugas akan memberikan solusi dan jika diperlukan, ada petugas yang datang ke rumah untuk memperbaiki meteran listrik.
Baca Juga:Listrik Prabayar vs Pascabayar, Mana Lebih Baik? Cek di Sini!
Tips Mengisi Token Listrik Anti Gagal
Jika gagal memasukkan token listrik pertama kali, tetap tenang dan hindari memasukkan token listrik dalam waktu dekat.
Tunggulah beberapa saat lalu lakukan hal-hal di bawah ini!
- Tekan 00 + enter pada meteran listrik dengan tujuan untuk mereset meteran.
- Tunggu beberapa saat hingga meteran listrik selesai mereset.
- Masukkan kembali nomor token PLN ke meteran listrik.
- Periksa dengan benar digit angka token listrik.
- Jika sampai dua kali dimasukkan masih gagal, langsung hubungi call center PLN, media sosial PLN, email PLN, PLN Mobile.
Jangan sampai 3 kali gagal memasukkan nomor token listrik supaya tidak terblokir, ya, Moms!
Untuk mencegah token listrik gagal 3 kali, Moms perlu mengisinya dengan cara yang lebih aman dan mengurangi risiko kegagalan.
Berikut adalah beberapa langkah yang dapat ikuti:
1. Periksa Koneksi Internet atau Jaringan Seluler
Pastikan Moms memiliki koneksi internet yang stabil atau jaringan seluler yang baik.
Kegagalan token dapat terjadi jika ada gangguan dalam koneksi, sehingga periksa sinyal internet atau jaringan seluler Moms sebelum melakukan pembelian token.
2. Cek Nomor Meteran dan ID Pelanggan
Sebelum mengisi, pastikan Moms memiliki nomor meteran listrik dan ID pelanggan yang benar.
Kesalahan dalam memasukkan nomor ini dapat menyebabkan pembelian token gagal.
3. Gunakan Aplikasi atau Layanan Resmi
Hindari menggunakan layanan yang tidak resmi atau tidak sah untuk membeli token listrik.
Gunakan aplikasi resmi dari perusahaan listrik atau mesin pembelian token yang terpercaya.
4. Lakukan Verifikasi Ulang
Setelah memasukkan token ke dalam meteran listrik, pastikan untuk melakukan verifikasi ulang untuk memastikan token telah diakui oleh meteran dan daya listrik telah berhasil diisi.
5. Pastikan Tidak Ada Masalah Teknis
Jika pembelian token tetap gagal, pastikan untuk memeriksa meteran listrik dan instalasi listrik untuk memastikan tidak ada masalah teknis yang menghalangi proses pengisian daya.
Namun, jika Moms masih mengalami kesulitan atau kegagalan saat mengisi token listrik, sebaiknya hubungi penyedia layanan listrik setempat untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.
Baca Juga: Ini Serba Serbi Token Listrik yang Harus Moms Tahu, Yuk Catat!
Itulah penyebab token listrik gagal 3 kali dan apa saja solusi yang bisa dilakukan.
Jadi, mulai sekarang tak perlu panik lagi saat token listrik gagal dimasukkan.
- https://www.99.co/blog/indonesia/token-listrik-gagal-3-kali/#
- https://www.momsmoney.id/news/token-listrik-gagal-diisi-mungkin-hal-hal-ini-penyebabnya-1
- https://www.sepulsa.com/blog/penyebab-token-pln-gagal-terisi
- https://kumparan.com/berita-update/cara-mengatasi-token-listrik-gagal-input-yang-bisa-anda-coba-1xHrVwX4NES/full
- https://hargaalat.id/token-listrik-gagal-3-kali/
- https://www.jumanto.net/token-listrik-gagal/
- https://www.kompas.com/tren/read/2021/11/17/205500265/gagal-input-token-listrik-ini-penyebab-dan-solusinya-dari-pln?page=all
Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.
Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan
Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.