26 Februari 2022

6 Cara Membuat Instagram Bisnis, Ketahui Juga Fiturnya!

Promosi brand atau bisnis hanya dengan ponsel

Hadirnya Instagram Bisnis dijamin akan memudahkan upaya promosi bisnis online yang sedang Moms lakukan. Namun, bagaimana cara membuat Instagram bisnis?

Moms hanya perlu tahu cara membuat Instagram Bisnis untuk menikmati semua manfaatnya. Mulai dari branding hingga menjangkau audiens lebih luas.

Bahkan jika Moms sudah memiliki website, Instagram Bisnis bisa menjadi platform pendukung untuk meningkatkan traffic dan leads.

Instagram melayani komunitas global yang terdiri dari 1 miliar orang lebih yang aktif setiap bulannya.

Orang-orang menggunakan Instagram untuk membagikan momen, mencari minat, memperoleh inspirasi, dan mengambil tindakan.

Penasaran Moms dengan cara kerja instagram bisnis? Yuk, simak artikel berikut ini!

Baca Juga: Ini 5 Makanan Vegan yang Sedang Hits di Instagram

Cara Membuat Instagram Bisnis

instagram.jpg
Foto: instagram.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Cara membuat Instagram bisnis mirip dengan membuat akun pribadi. Letak perbedaannya ada pada perubahan status akun bisnis di Settings dengan langkah sebagai berikut:

1. Login Akun Instagram yang Sudah Terdaftar

Langkah pertama cara membuat Instagram Bisnis adalah melakukan login pada aplikasi Instagram yang sudah Moms unduh melalui Playstore atau Appstore.

2. Buka Halaman Settings

Kemudian, klik ikon 3 baris yang terdapat di pojok kanan atas profil, lalu pilih Settings.

Setelah itu, klik Switch to Professional Account.

3. Tentukan Kategori Bisnis

Berikutnya Moms akan diminta untuk menentukan jenis profil yang akan digunakan. Karena ingin menggunakan Instagram untuk berbisnis, maka Moms bisa pilih profil Business.

Sedangkan, jika Moms merupakan seorang content creator atau influencer, bisa juga menggunakan profil Creator.

Setelah itu, tentukan kategori bisnis yang Moms miliki. Moms bisa langsung mengetik keyword kategori yang pas di kolom Search. Jika sudah, klik Next.

Baca Juga: Ini Alasan Aplikasi Boomerang Jadi Favorit Pengguna Instagram

4. Mengisi Data Kontak dan Lokasi Bisnis

Selanjutnya, Moms akan melihat halaman review kontak.

Di sana Moms hanya perlu mengisi beberapa data yang belum lengkap, seperti nomor telepon dan lokasi bisnis. Jika sudah, klik Next.

5. Menghubungkan ke Facebook Page (Opsional)

Di tahap berikutnya, Moms bisa menghubungkan akun Instagram dengan Facebook Page.

Tujuannya adalah untuk mengatomisasi postingan di halaman Facebook setiap kali Moms mengupdate konten di Instagram bisnis.

Namun, bila  tidak memiliki Facebook Page, Moms tetap bisa skip pengaturan ini dengan mengklik Don’t connect to Facebook Now.

6. Melengkapi Data Profil 

Langkah terakhir dari cara membuat Instagram Bisnis adalah mengisi data profil bisnis.

Mulai dari nama, username, alamat website (jika ada), bio, dan menambahkan foto profil. Jika selesai, klik Done pada bagian ujung kanan atas halaman.

Baca Juga: Anak Punya Cita-Cita Jadi YouTuber? Ketahui Plus Minusnya

Fitur Instagram Bisnis 

instagram..jpg
Foto: instagram..jpg

Foto: pinterest,com

Mengubah akun personal ke bisnis bisa sangat berguna. Apalagi kalau Moms benar-benar bisa memakai fitur-fitur tambahan berikut secara maksimal. 

Berikut ini adalah fitur instagram bisnis yang bisa memaksimalkan brand online miliki Moms.

1. Instagram Insights

Instagram Insights adalah tool analytics yang otomatis muncul setelah Moms beralih ke versi bisnis. 

Ia menyajikan data lengkap tentang performa akun Instagram-mu. Di dalamnya Moms bisa melihat:

  • Statistik jumlah followers
  • Impresi foto yang diunggah
  • Jumlah post
  • Jangkauan postingan
  • Berapa jumlah klik tautan di bio

Selain itu, Moms pun dapat menyimak data demografi followers secara mendetail. Mulai dari gender, umur, lokasi, sampai engagement

2. Instagram Ads

Karena Instagram milik Facebook, ia pun ikut kebagian fitur iklan yang juga dimiliki oleh perusahaan induknya. 

Dengan profil bisnis, Moms bisa mengatur, menjalankan, dan melacak kampanye iklan secara real-time.

Moms juga bisa mempromosikan postingan yang diunggah jika butuh untuk meingkatkan jangkauan audiens.

3. Tombol Kontak

Di profil bisnis, Moms bisa memasang informasi kontak dengan lebih menarik.

Tidak perlu lagi repot-repot menuliskan banyak informasi di kolom bio, sebab kini Moms akan punya tombol kontak secara terpisah. 

Informasi semacam rute alamat, telepon, serta e-mail dapat dibuat tombolnya masing-masing.

4. Shopping dan Checkout

Ini ia fitur yang baru saja ditambahkan dan belum tersedia untuk semua akun. Nantinya Moms bisa buka toko langsung di Instagram, lho!

Moms bisa nge-tag langsung foto produk di feeds dan kemudian mengarahkan ke halaman Shopping.

Fitur ini jelas akan memudahkan audiens untuk lihat-beli-checkout. Mereka bisa langsung melakukan transaksi tanpa repot. 

5. Quick Replies

Apakah akun Instagram bisnis Moms mendapat banyak dapat DM yang isi pesannya mirip-mirip? Nah, gunanakanlah fitur Quick Replies yang emat waktu dan tenaga. 

Fitur ini memungkinkanmu untuk mengatur jawaban pesan berdasarkan daftar pertanyaan yang sering masuk.

Jawabannya dapat diatur sepersonal mungkin. Jadi followers pun tetap merasa dijawab oleh manusia, bukan robot. 

Untuk membuat quick replies, Moms tinggal membuka profilmu. Klik tombol tiga garis di pojok kanan atas.

Di situ akan terbuka sidebar di mana Moms bisa mengakses settingan Instagram. 

Lalu scroll ke bawah sampai menemukan Business Settings. Nah, di situ akan tampak Quick Replies.

Tinggal tambahkan jawaban otomatis berapa pun jumlahnya dengan menekan tombol +. 

Baca Juga: 8 Coffee Shop yang Instagrammable di Jakarta

6. Branded Content Approval

Sebagai pemilik akun bisnis, Moms pun bisa membatasi siapa saja yang bisa tag akun Moms terkait konten brand. 

Dengan begitu, Moms dapat mencegah pengguna lain salah tag atau sengaja tag agar seolah-olah dapat endorse.  

Lokasi setting-nya sama dengan Quick Replies. Di bagian Business Setting nanti akan ada pilihan Branded Content. 

Di sana tersedia tombol “Require Approvals” di mana Moms bisa menyetujui tag secara manual.

Ada juga “Approved Accounts” untuk memperbolehkan akun-akun tertentu memberikan tag otomatis. 

7. Tautan di Instagram Stories

Kalau Moms punya 10 ribu pengikut dan telah mengubah akun ke versi instagram bisnis, maka Moms bisa menambahkan tautan di Instagram Stories.

Atur tautan Stories ke website mana pun. Moms bisa langsung mengarahkan para audiens ke sana. Mereka jadi lebih gampang buat melakukan transaksi.

8. Later

Ini adalah fitur anyar di mana Moms bisa menjadwalkan postingan otomatis. Tinggal atur semuanya, lalu pilih kapan tanggal dan jam tayangnya, beres deh! 

Tidak perlu lagi khawatir kalau lupa posting atau sedang berada di lokasi tertentu yang kebetulan tidak ada sinyal. 

Untuk bisnis, tentu saja fitur ini akan sangat bermanfaat.

Tak hanya membuat bisa langsung menjadwal postingan tanpa perlu melihat HP terus-terusan.

Tapi Moms juga dapat menyesuaikannya dengan kapan waktu terbaik untuk mengunggah foto baru. 

Baca Juga: Agar Tidak Bosan di Rumah, Ini 5 Cara Memulai Bisnis Online Shop

Itu dia Moms informasi seputar instagram bisnis yang bisa Moms coba agar mendapat banyak audiens ke online shop yang sedang Moms kelola. Semoga bermanfaat, ya!

  • https://www.logique.co.id/blog/2020/12/23/cara-membuat-instagram-bisnis-menarik/
  • https://www.facebook.com/business/learn/lessons/create-an-instagram-business-profile
  • https://www.logique.co.id/blog/2020/12/23/cara-membuat-instagram-bisnis-menarik/
  • https://www.niagahoster.co.id/blog/instagram-bisnis/
  • https://business.instagram.com/getting-started

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.