Cara Melamar Kerja Lewat WA dengan Sopan dan Contoh Chatnya
Cara melamar kerja lewat WA kini semakin umum, tapi harus dilakukan dengan hati-hati agar tetap sopan.
Layaknya proses melamar kerja via email, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan sebelum melamar kerja lewat aplikasi WhatsApp.
Alih-alih lanjut ke tahap interview, kesalahan penulisan maupun etika dalam berkomunikasi via WA malah bisa membuat pelamar ditolak oleh perusahaan.
Agar lolos ke tahap selanjutnya, ikuti panduan cara melamar kerja lewat WA berikut ini, yuk!
Baca Juga: Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Sopan, Ini Tipsnya
Etika Melamar Kerja Lewat WA
Sebelum mengetahui cara melamar kerja lewat WA, memperhatikan etika diri sendiri tak kalah penting.
Mski terkesan lebih santai, proses rekrutmen dengan cara modern ini tetap tidak boleh diremehkan.
Seperti halnya melamar kerja secara langsung atau via email, pastikan untuk selalu mengedepankan etika agar tetap dinilai sopan oleh perusahaan.
Baca Juga: 6 Etika di Tempat Umum yang Perlu Moms Ajarkan pada Anak
Berikut beberapa sikap atau etika yang harus dilakukan saat melamar kerja lewat WA:
- Gunakan foto profil WA dengan foto yang wajar atau profesional. Pastikan wajah terlihat jelas.
- Kirim lamaran saat jam kerja, sekitar pukul 08.00-17.00.
- Gunakan bahasa dan tulisan yang jelas dan tidak disingkat-singkat.
- Hindari bahasa slang.
- Ucapkan salam pembuka, perkenalkan diri, hingga menyampaikan maksud dan tujuan secara jelas dan tidak bertele-tele.
- Ucapkan salam penutup dan terima kasih di akhir pesan.
Cara Melamar Kerja Lewat WA
Cara melamar kerja lewat WA tidak sulit dan mirip seperti melamar kerja melalui email
Hanya saja, Moms tidak perlu repot-repot datang ke perusahaan yang dituju.
Sebagai pelamar, Moms cukup mempersiapkan segala berkas dan mengirimkannya melalui WA kepada pihak perusahaan.
Berikut tata cara melamar kerja lewat WA yang baik dan sopan:
1. Temukan Lowongan Pekerjaan Sesuai dengan Kualifikasi
Perusahaan menginginkan calon karyawan dengan kemampuan dan pengalaman sesuai dengan kebutuhan.
Agar peluang diterima semakin besar, pastikan lowongan kerja yang dituju sesuai dengan passion dan kualifikasi diri.
Selengkap apa pun berkasnya, perusahaan dapat menolak kandidat jika tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
Kandidat juga tidak perlu membuang-buang waktu untuk melamar pekerjaan yang tidak sesuai dengan kemampuannya.
Baca Juga: 10 Rekomendasi Kado Lamaran untuk Sahabat, Penuh Makna!
2. Lakukan Riset Mengenai Perusahaan yang Dituju
Setelah memenuhi kualifikasi, cara melamar kerja lewat WA selanjutnya adalah lakukan riset lebih dalam mengenai perusahaan tersebut.
Selain alamat dan nomor telepon kantor, pastikan perusahaan tersebut bukan penipuan atau fiktif.
Jangan langsung tergiur dengan tawaran pekerjaan jika keberadaan perusahaan tampak mencurigakan.
Carilah informasi ini melalui Google, situs resmi perusahaan, atau datang langsung ke alamat perusahaan.
Hal ini bertujuan untuk menghindari kandidat dari tindak penipuan yang marak terjadi di dunia kerja.
Baca Juga: 5 Manfaat Buah Raspberry untuk Kesehatan, Bisa untuk Diet!
3. Siapkan Berkas
Sebelum mulai menghubungi pihak perusahaan, pastikan berkas-berkasnya telah lengkap.
Setiap iklan lowongan kerja biasanya sudah mencantumkan berkas apa saja yang harus dikirim lewat WA.
Hal ini umumnya meliputi surat lamaran kerja, CV, ijazah terakhir, transkrip nilai, hingga pasfoto.
Perusahaan dapat meminta dokumen tambahan lainnya sesuai kebutuhan dan posisi yang diinginkan.
Siapkan berkas-berkas tersebut dalam format PDF, JPG/JPEG, atau sesuai persyaratan.
Sebaiknya kompres ukuran file-nya terlebih dahulu maksimal 1MB agar mudah diunduh.
Pastikan jangan sampai ada berkas yang terlewat agar proses rekrutmen berjalan lancar.
Baca Juga: 9 Cara Menghilangkan Mabuk Alkohol Plus Cara Mencegahnya
4. Kirim Pesan WA ke HRD saat Jam Kerja
Cara melamar kerja lewat WA yang satu ini sangat penting, tapi kerap disepelekan kandidat.
Meski terkesan santai, pastikan untuk tetap mengedepankan etika saat berkomunikasi dengan perusahaan.
Salah satunya soal waktu mengirim pesan WA, lakukan komunikasi pada hari dan jam kerja seperti melamar kerja secara langsung.
Selain bentuk profesionalitas, sikap ini juga menunjukkan bahwa kandidat menghormati HRD atau pihak perusahaan yang aktif di jam kerja.
5. Gunakan Bahasa yang Sopan
Cara melamar kerja lewat WA memang terkesan mudah, tapi tak boleh disepelekan khususnya dari segi penyampaian.
Lagi-lagi, posisikan bahwa Moms sedang bertatap langsung dengan HRD atau pihak perusahaan yang dituju.
Pastikan gaya bahasanya sopan dan tidak bertele-tele.
Baca Juga: 8 Cara Login Jika Lupa Kata Sandi Instagram di HP dan Laptop
Ciptakan impresi awal yang mengesankan dan profesional agar dinilai baik oleh pihak perusahaan.
Sebelum mengirimkan berkas dokumen, sampaikan kalimat pengantar secara singkat dan jelas.
Moms bisa menuliskan salam seperti Assalammualaikum atau Selamat Pagi/Siang sesuai dengan waktu mengirimkan surat lamaran.
Jangan lupa perkenalkan diri dan sampaikan awal mula Moms mendapatkan informasi atau iklan lamaran pekerjaan tersebut.
Setelah itu, barulah sampaikan maksud dan tujuan melamar pekerjaan beserta berkas yang dibutuhkan.
Pastikan untuk mengucapkan kata terima kasih di akhir pesan.
Moms juga dapat mengungkapkan harapan agar diterima sebagai karyawan di perusahaan tersebut agar lebih meyakinkan.
Baca Juga: Intip 7 Inspirasi Desain Ruang Tunggu Klinik yang Nyaman!
6. Tunggu Konfirmasi dari Perusahaan dengan Sabar
Setelah mengikuti cara melamar kerja lewat WA hingga akhir, kini waktunya untuk bersabar.
Sayangnya, tidak sedikit kandidat yang tidak sabar menunggu prosesnya hingga mengirimkan pesan yang sama secara terus-menerus untuk mendapatkan kabar.
Perilaku spamming seperti ini justru akan mengganggu HRD dan pihak perusahaan.
Kandidat juga dianggap tidak sopan karena terkesan memaksa untuk segera membalas pesan tersebut.
Oleh karena itu, sebaiknya tunggulah dengan sabar hingga pihak perusahaan memberikan konfirmasi pesan lamarannya.
Kandidat boleh saja menanyakan perkembangan status pelamaran kerjanya jika pihak HRD belum memberikan kabar dalam beberapa waktu ke depan.
Baca Juga: 21 Cafe di Sentul Instagrammable, View Alam Memesona!
7. Sampaikan Terima Kasih Setelah Mendapatkan Balasan dari HRD
Jika sudah mendapatkan pesan balasan dari HRD perusahaan, jangan lupa ucapkan terima kasih terlebih dulu.
Terlepas dari diterima atau tidaknya surat lamaran, ini merupakan bentuk kandidat dalam menghargai HRD dan pihak perusahaan.
Apabila diterima, tanyakan lebih lanjut mengenai tahap rekrutmen selanjutnya serta berkas tambahan bila dibutuhkan.
Contoh Isi Chat Saat Melamar Kerja Lewat WA
Meski sudah mengetahui cara melamar kerja lewat WA, beberapa pelamar masih ragu saat ingin menuliskan pesan atau chat kepada perusahaan.
Hal ini memang cukup tricky, karena di sinilah salah satu penentu seorang pelamar akan lanjut ke tahap interview atau tidak.
Agar terlihat sopan dan formal, Moms bisa mencontek isi chat saat melamar kerja lewat WA berikut ini:
Kepada Yth,
HRD PT. ABC di tempat
Selamat Pagi,
Perkenalkan, saya Rio Setiadi, S.I.Kom, lulusan S1 Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan.
Berdasarkan informasi yang saya dapat dari situs web PT. ABC pada 2 Mei 2022, PT ABC sedang memuka lowongan pekerjaan untuk posisi Social Media Specialist.
Untuk itu, saya berminat melamar posisi tersebut. Berikut saya lampirkan berkas persyaratan meliputi CV, surat lamaran, ijazah, transkrip nilai, sertifikat TOEFL, dan portofolio.
Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.
Baca Juga: 7 Cara Memakai Dasi untuk Anak Sekolah dan Pekerja Kantoran
Seluruh isi pesan tersebut harus dalam satu kali kirim agar tidak mengganggu HRD atau perusahaan.
Itu dia cara melamar kerja lewat WA yang sopan agar meningkatkan peluang lolos ke tahap interview.
Semoga berhasil, Moms!
Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.
Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan
Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.