Ini Dia Perbedaan Influencer Marketing dan Endorsement Selebriti
Salah satu cara untuk memperkenalkan produk Anda kepada audiens adalah melalui media sosial. Ada banyak strategi untuk mempromosikan produk Anda di media sosial seperti menggunakan konten, iklan, atau melalui influencer.
Mempromosikan brand dengan influencer juga memiliki beberapa cara, yang akan dibahas pada kali ini adalah influencer marketing dan endorsement selebriti. Yap, dua hal ini adalah strategi marketing yang berbeda loh!
Endorsement Selebriti
Baca Juga: Social Media Campaign, Strategi Cepat Tingkatkan Penjualan
Sebagai pengguna media sosial seperti Instagram, pasti kita mengikuti setidaknya satu atau dua selebriti atau selebgram. Selebgram atau Selebriti Instagram merupakan seseorang yang populer dan memiliki jumlah followers dengan jumlah yang sangat banyak di Instagram.
Jumlah followers yang banyak ini biasanya mereka manfaatkan untuk membuka jasa endorsement, dimana brand akan membayar tarif sesuai dengan yang telah disepakati untuk kemudian produk atau jasa dari brand tersebut dipromosikan di akun instagram selebgram tersebut.
Hal ini biasanya dilakukan brand untuk menjangkau audiens yang lebih besar dan lebih cepat, mengingat selebgram memiliki mulai dari ratusan ribu hingga jutaan followers.
Selain karena jumlah followers, selebgram ini juga menjadi strategi marketing para brand karena mereka punya ketenaran, penggemar setia dan pengaruh yang sangat besar.
Metode ini sebenarnya tidak hanya berlaku untuk selebriti di Instagram. Sering juga kita jumpai di platform lain seperti di TikTok dan Twitter dengan sebutan yang berbeda pula, biasanya disebut SelebTok dan SelebTwit.
Influencer Marketing
Baca Juga: Yuk Ikuti Strategi Meningkatkan Branding Bisnismu Menggunakan Hashtag!
Serupa tapi tak sama, influencer marketing juga strategi mempromosikan brand melalui influencer, namun yang membedakan adalah influencer marketing lebih fokus pada word-of-mouth advertising.
Karena influencer ini lebih relevan dan dekat dengan audiensnya, serta jumlah followers yang lebih kecil dibandingkan selebriti, tidak heran influencer ini biasanya memiliki engagement rate yang lebih tinggi.
Para influencer ini biasanya dikenal karena konten-konten yang mereka buat. Influencer yang dapat dipilih pun beragam, mulai dari influencer dengan followers ribuan hingga ratusan ribu sehingga dapat disesuaikan dengan budget dari brand itu sendiri.
Tentu endorsement dan influencer marketing memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, pilihan strategi ini juga harus disesuaikan dengan objective, keperluan, dan budget dari brand itu sendiri.
- Kelebihan Endorsement
- Membuat brand Anda lebih cepat dikenal
- Menjangkau lebih banyak audiens
- Cocok untuk mempromosikan product launch atau event besar.
- Kekurangan Endorsement
- Biaya yang mahal
- Market yang terlalu luas dan tidak spesifik
- Kelebihan Influencer Marketing
- Segmentasi pasar lebih spesifik
- Budget lebih terjangkau
- Lebih dekat dengan audiens
Baca Juga: Kenali Kekurangan dan Kelebihan Nano dan Mega Influencer
- Kekurangan Influencer Marketing
- Hasil tidak secepat endorsement
- Jangkauan kurang luas
Influencer marketing adalah langkah awal yang tepat untuk mempromosikan atau meningkatkan brand awareness produk Anda.
Di IbuSibuk, Anda bisa menjangkau puluhan ribu Momfluencer hanya dengan satu rate card, tidak perlu repot riset dan menghubungi Momfluencer satu-persatu.
IbuSibuk juga memiliki segmentasi market yang spesifik yaitu meliputi wanita, Ibu-ibu atau yang sudah menikah, dan usia rentang 23 - 45 tahun.
Jika masih ragu, Anda bisa berkonsultasi untuk mendapatkan strategi influencer marketing yang pas, kunjungi @ibusibukforbrands sekarang!
Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.
Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan
Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.