Tips Membangun Team Work yang Kuat
Suatu organisasi bekerja bukan dari hasil setiap individu. Hasil karya yang besar lahir dari kekuatan kerja sama yang ada di dalam proses. Proses juga yang dapat menentukan maksimal atau kurangnya suatu hasil. Sebuah proses pun tidak akan terjadi tanpa ada kerja sama yang baik dalam sebuah team. Berikut tips membangun team work yang baik:
1. Pemimpin yang Komunikatif
Jika Anda seseorang yang selalu ditunjuk untuk sebuah presentasi, atau menduduki posisi senior, pastikan Anda menjadi pemimpin yang baik. Bukan hanya mendorong kerja team agar mencapai target maksimal, tapi juga rutin melakukan evaluasi kerja serta menerima saran dan kritik dengan terbuka. Hindari komunikasi satu arah, perintah yang Anda berikan harus jelas dan terarah, jika ada kendala, berikan solusi yang menguntungkan semua pihak.
2. Disiplin dan Bertanggung Jawab
Dalam team, setiap tugas yang diberikan harus seimbang sesuai dengan level kompetensi setiap anggota. Membangun budaya disiplin perlu dilakukan dengan cara yang fleksibel. Jangan terlalu berpatokan pada peraturan yang baku, kondisikan disiplin pada level yang tepat. Team yang kuat juga team yang sadar akan tanggungjawabnya. Berikan motivasi satu sama lain, agar tanggungjawab bukan hal yang memberatkan, tapi juga menyenangkan.
3. Ketahui Goal dan Pola Kerja yang Jelas
Jika Anda anggota team, Anda perlu menanyakan dengan jelas, target apa yang perlu team Anda capai dan bagaimana sistem kerja yang diinginkan. Maksimalkan komunikasi Anda dengan atasan. Buat strategi kerja seefektif mungkin. Jika sudah jelas, pekerjaanpun akan lebih mudah diselesaikan tepat waktu.
4. Pemberian Insentif
Semangat pekerja dapat dibangun dengan salah satu caranya pemberikan bonus yang layak sebagai tanda pencapaian mereka. Banyak perusahaan besar berlomba-lomba untuk memberikan berbagai macam tawaran insentif menarik. Sehingga karyawan dapat terpacu memberikan hasil terbaik untuk pekerjaanya. Merayakan segala kesuksesan juga berdampak sangat besar bagi keterlibatan batin antara pekerja dan perusahaan. Mereka akan merasa bahwa keberadaan mereka penting bagi keberlangsungan perusahaan.
5. Tentukan Target Selanjutnya
Team yang baik adalah team yang selalu siap dengan tantangan lainnya. Jika target pekerjaan sudah ditunaikan. Sudah saatnya menyusun inovasi baru untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal. Menaikan target sedikit lebih tinggi dan insentif yang lebih tinggi akan sangat efektif untuk mengukur tingkat loyalitas para anggota team.
--LMF
Foto: michiganstateuniversity
Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.
Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan
Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.