Pernah Beli Barang Limited Edition? Ini Rahasia Strategi Pemasarannya!
Pernah membeli barang limited edition atau bahkan menjual barangnya? Biasanya, barang-barang ini dijual dengan harga yang tinggi, ya Moms!
Menjual barang langka alias limited edition ternyata menjadi salah satu strategi penjualan yang baik, lho!
Pasalnya, cara ini efektif untuk mendorong penjualan di pasaran.
Moms mungkin masih penasaran, bagaimana caranya produk limited edition bisa menguntungkan sebuah brand? Intip rahasianya berikut ini, yuk!
Baca Juga: Langkah Jitu Membuat Marketing Campaign pada Bisnis Anda
Strategi Limited Edition dalam Pemasaran
Moms mungkin penasaran, mengapa suatu produk dikatakan limited edition dan kenapa dunia bisnis membutuhkan strategi pemasaran ini?
Arti limited edition adalah ketika suatu barang dijual atau hanya tersedia dalam jumlah terbatas.
Nah, strategi ini dibutuhkan oleh para pebisnis untuk mengatur prinsip ekonomi, yakni penawaran dan pemintaan.
Ketika sebuah brand memiliki persediaan barang atau jasa yang baik atau tinggi, maka permintaannya akan turun.
Begitu pun sebaliknya, ketika sesuatu brand kekurangan pasokan, maka harganya cenderung meningkat.
Akibatnya, terjadi sebuah kelangkaan hingga muncullah barang yang diberi label limited edition alias diproduksi secara terbatas.
Nah, berikut beberapa efek ketika sebuah barang dijual secara limited edition:
1 . Permintaan Meningkat
Ketika suatu barang dianggap langka, masyarakat akan memandangnya sebagai barang yang berharga sehingga lebih banyak diminati.
Jika pelanggan menganggap barang berharga sulit untuk diperoleh, mereka akan cenderung membelinya.
Hal ini dilakukan hanya untuk mengurangi rasa penasaran akibat terjadinya kelangkaan.
Baca Juga: Mengenal Preloved, Jual Beli Barang Fashion dan Manfaatnya
2. Menaikkan Harga
Ketika suatu barang diberi label limited edition, pelanggan cenderung memaklumi dan tidak akan menolak harga yang lebih tinggi.
Jadi, jika Moms menjadi pengelola brand dan ingin menjadikan suatu barang diproduksi terbatas, Moms dapat menjualnya dengan harga yang lebih tinggi dari pasaran.
Barang atau Jasa Apa yang Bisa Menggunakan Strategi Limited Edition?
Hal menarik tentang produk limited edition adalah Moms tidak perlu menjadi pengelola brand barang mewah untuk menggunakan strategi ini demi mendapat keuntungan.
Kalau diperhatikan, Moms bisa menemukan banyak produk yang diproduksi secara terbatas.
Mulai dari makanan, minuman, kosmetik, perusahaan mobil, hingga alat berteknologi lainnya.
Dengan strategi pemasaran limited edition, Moms dapat membangkitkan minat dan menaikkan angka traffic pengunjung ke toko online yang Moms miliki.
Baca Juga: Catat, Ini Rumus Menghitung Total di Excel yang Mudah dan Cepat!
Kekurangan Strategi Limited Edition
Strategi limited edition memang terdengar menarik dan menguntungkan.
Akan tetapi, tetap ada sisi kekurangan yang perlu Moms pertimbangkan.
Ingatlah bahwa ini bukanlah cara pasti untuk mendulang kesuksesan.
Jadi, Moms harus berhati-hati dengan produk limited edition agar terhindar dari perasaan mendesak yang tidak perlu.
Selain itu, tingkat urgensi yang rendah juga dapat membuat pasar menjual kembali barang-barang tersebut.
Strategi ini bahkan bisa membuat pelanggan setia jadi kesulitan untuk mendapatkan produk.
Jadi, gunakanlah barang limited edition secara eksklusif dan strategis.
Dengan begitu, Moms sebagai pengelola brand tetap bisa mendapatkan keuntungan tanpa mengasingkan pelanggan.
Baca Juga: Terapkan 7 Cara Menabung di Rumah Ini Agar Cash Flow Terkendali
Tips Saat Hendak Menerapkan Strategi Limited Edition
Ada beberapa tips yang bisa Moms lakukan untuk menerapkan strategi limited edition, antara lain:
- Produksi lebih sedikit barang
- Gunakan teknik pemasaran secara strategis
- Lakukan riset pasar mendalam sebelum memasarkannya
- Berhati-hatilah untuk mencapai keseimbangan antara kelangkaan dan permintaan
Selain itu, lihat data penjualan dan analisis sendiri produk apa saja yang dapat dijual dengan baik di masa lalu.
Proses pencarian ini akan membantu pengelola brand mencapai keseimbangan antara kelangkaan, menarik minat pelanggan, dan meningkatkan permintaan.
Baca Juga: Harga Beras Hari Ini di Pasaran, Moms Wajib Tahu!
Saat menyusun strategi pemasaran edisi terbatas, ingatlah aturan berikut agar penjualan sukses:
- Gunakan Kampanye Edisi Terbatas untuk Membangkitkan Keinginan. Moms akan mampu menunjukkan sisi berbeda dari sebuah brand dan terhubung dengan pelanggan lewat cara yang menarik.
- Tetap Hadirkan Kesan Otentik. Gunakan kesempatan ini untuk membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan.
- Pertimbangkan Kolaborasi dengan Influencer. Strategi pemasaran edisi terbatas menawarkan kesempatan untuk bekerja dengan influencer atau brand serupa di industri. Bagi pelanggan, hal ini akan memberikan pengalaman baru yang menarik dan membangun loyalitas pelanggan.
- Buat Koneksi. Produk edisi terbatas harus membangun koneksi dengan pelanggan seputar kebutuhan atau acara tertentu.
Dengan strategi pemasaran ini, Moms dapat menuangkan ide dan sisi kreativitas ke dalam merek dan lini produk.
Moms pun bisa menciptakan hal-hal menarik saat ingin meluncurkan produk limited edition tersebut.
Baca Juga: 9 Cara Menabung 50 juta dalam Setahun, Yakin Bisa!
Strategi Spesifik yang Bisa Diterapkan
Strategi menyeluruh harus menjadi kunci utama untuk setiap promosi dan kampanye pemasaran.
Hal ini berlaku juga untuk memasarkan produk limited edition.
Nah, berikut langkah-langkah menentukan strategi pemasaran limited edition yang bisa Moms lakukan:
1 . Tentukan Tujuan Akhir
Sebelum membuat produk edisi terbatas, Moms perlu menentukan goals atau tujuan akhirnya.
Contohnya:
- Peningkatan jumlah pelanggan baru sebanyak 25%
- Peningkatkan jumlah penjualan hingga 50%
- Meningkatkan engangement di media sosial
Setelah menentukan tujuan, lihat pelanggan mana yang kemungkinan besar dapat membantu mewujudkan target tersebut.
Baca Juga: 12 Tips Belanja Online Antiboros, Bisa Dapat Produk Gratis!
2. Temukan Basis Pelanggan Target
Lakukan riset bersama anggota tim mengenai perilaku pasar saat ini.
Hal ini bisa dilakukan dengan menelurusi media sosial, analisis situs web, dan sebagainya.
Begini caranya:
- Teliti data demografi pelanggan
- Ketahui jenis produk apa yang banyak dicari
- Cari tahu bagaimana audiens bisa menyukai produk tersebut
3. Rancang Kemasan Limited Edition Seunik Mungkin
Pada peringatan 50 tahun karya seni kaleng sup Campbell yang ikonik dari Andy Warhol, Campbell meluncurkan empat desain kaleng sup edisi terbatas yang menampilkan karya seni terkenal.
Jumlahnya mencapai 1,5 juta kaleng pada saat itu.
Hebatnya, kaleng tersebut terjual habis hanya dalam waktu empat hari, lho Moms!
Intinya, desain yang unik dan terbatas memiliki nilai lebih karena bisa menjadi barang koleksi.
Merek terkenal seperti Nike juga sempat merilis sepatu edisi terbatas dengan Kobe Bryant beberapa waktu silam.
Kotak tempat sepatu itu berbentuk seperti kepala naga dan memiliki warna merah yang sama dengan sepatu di dalamnya.
Yang istimewa dari sepatu ini adalah bentuk kemasannya yang menyerupai produk di dalamnya.
Nah, hal tersebutlah yang membuat orang-orang tertarik untuk membeli karena penasaran dengan isi kotaknya.
Itulah kenapa sisi kemasan atau packaging suatu produk bisa mendorong angka penjualan secara signifikan.
Baca Juga: 4 Hal Wajib Diketahui Perbedaan KOL dan Influencer
Nah, demikian arti dari limited edition sebagai sebuah strategi marketing dan tips menerapkannya. Semoga informasi ini membantu, ya Moms!
- https://www.merriam-webster.com/dictionary/limited%20edition
- https://www.lingble.com/blog/attract-your-ideal-customer-with-a-limited-edition-marketing-strategy/
- https://www.mbaknol.com/marketing-management/limited-editions-as-a-marketing-strategy/
Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.
Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan
Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.