16 April 2022

Tips Memilih Influencer yang Tepat Untuk Memaksimalkan Bisnis

Mau memakai jasa influencer, namun masih bingung bagaimana memilih influencer yang tepat sesuai dengan image brand kita? Mari kita bahas selengkapnya disini!

Saat memilih influencer yang tepat adalah hal yang sangat penting bagi pebisnis di masa saat ini. Euforia digital marketing ada bukan tanpa sebab, sudah banyak data yang membuktikan bahwa ranah digital adalah lahan pemasaran utama di era sekarang.

Apalagi di situasi pandemi yang dimana masyarakat lebih banyak berdiam diri di rumah dan banyak meluangkan waktu untuk online di media sosial.

Sebagai marketer peluang pemasaran ini harus dimaksimalkan dengan strategi yang matang. Salah satunya dengan dukungan influencer yang ampuh mendongkrak posisi bisnis yang kita punya dalam waktu yang singkat.

Nah ketika dihadapkan pada opsi influencer ini, banyak pebisnis dan pelaku pemasaran yang sering mengalami kebingungan. Pertanyaannya sekarang ‘siapa yang harus kita ajak kerjasama untuk mendongkrak bisnis yang kita punya?’. Mari kita bahas semuanya disini!

Cara Memilih Influencer yang Tepat Pada Bisnis

young-woman-doing-beauty-vlog-home
Foto: young-woman-doing-beauty-vlog-home

Memang jasa influencer merupakan salah satu opsi dalam strategi digital marketing. Efektivitas influencer ini cukup bisa diandalkan daripada opsi yang lain, terutama dalam segi kecepatan dan kemudahan. Tapi, tetap ada pertimbangan-pertimbangan yang tidak boleh kita abaikan.

Baca Juga: 4 Hal Wajib Diketahui Perbedaan KOL dan Influencer

Pilih Influencer yang Sesuai dengan Budget

20945937
Foto: 20945937

Hal pertama yang harus ditentukan dalam memakai influencer marketing adalah budget. Jika ingin hasil yang maksimal, kalkulasikan hasil harus lebih besar dari cost.

Nah, untungnya saat ini memilih influencer yang tepat tidaklah sulit. Ada banyak influencer yang menawarkan biaya endorsement dengan harga miring.

Tapi ini semua tergantung dari seberapa besar budget yang bisa kita siapkan. Prinsip “ada harga, ada barang” dalam influencer marketing ini masih tetap berlaku.

Dengan semakin tinggi popularitas dan reputasi seorang influencer, semakin mahal pula harga yang akan diberikan. Sesuaikan saja dengan skala brand dan target yang ingin dicapai.

Tentukan Platform yang Ingin Dipakai

4757012
Foto: 4757012

Selanjutnya memilih influencer yang tepat adalah menentukan channel atau platform pemasaran yang ingin dilakukan. Saat ini ada banyak platform media sosial yang bisa jadi referensi untuk melakukan influencer marketing, seperti Instagram, YouTube, dan TikTok.

Setiap platform memiliki ciri khas yang berbeda, seperti Instagram lebih berfokus pada foto, YouTube terkenal dengan gudang video, dan TikTok booming dengan mini videonya.

Sebelum menganalisis karakteristik platform, cari tahu dulu dimana target market brand bisnis yang kita punya. Kita bisa melakukan pengumpulan data secara online.

Bila perlu, berikan insentif khusus kepada partisipan, seperti memberi kupon diskon atau undian berhadiah. Nah jika sudah tahu tempat target market kita berada, kita bisa lanjut dengan menganalisis channel tersebut.

Dari apa yang menjadi kelebihan dan kekurangannya, bagaimana teknik marketing yang dapat dilakukan, berapa banyak kompetitor, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Yuk Ikuti Cara Mengukur Influencer Marketing Biar Makin Sukses!

Pentingnya Memperhatikan Engagement Rate dan Followers

4296224
Foto: 4296224

Pada tahap ini waktunya sebagai pebisnis kita menyeleksi influencer yang ada di platform tersebut. Sebelumnya kita harus memahami indikator penilaian sebagai bagian dari cara memilih influencer yang tepat.

Pada poin ini ada korelasi yang erat dengan poin sebelumnya. Dalam menentukan indikator untuk menilai engagement rate tidaklah sama pada setiap platform. Bisa diperhatikan beberapa contoh indikator engagement rate yang ada disini:

  1. Instagram: like dan komentar
  2. YouTube: views, komentar, dan share
  3. TikTok: like, komentar, dan share

Semakin tinggi engagement rate seorang influencer, semakin tinggi hasil yang akan didapatkan, semakin mahal pula dari segi harganya. Jadi kembali ke prinsip di awal “ada uang, ada barang”.

Selain engagement rate, indikator yang bisa kita lihat dan tidak kalah penting tentunya adalah jumlah followers influencer.

Sama seperti engagement, semakin banyak followers dari influencer tersebut punya, semakin besar pula target pasar yang akan kita raih. Jadi bersikaplah jeli saat mengukur jumlah followers influencer, karena saat ini ada banyak jasa followers instan. Dari jumlah followers tersebut tidak selalu mencerminkan popularitas seseorang, kecuali jika disertai dengan engagement rate yang juga sama tingginya.

Pastikan Influencer Relevan dengan Bisnis

5891053
Foto: 5891053

Baca Juga: Endorsement Strategi Ladang Marketing Menguntungkan!

Setiap influencer memiliki fokus dan bidang yang berbeda-beda. Memilih influencer yang tepat pun harus memperhatikan relevansi influencer dengan brand yang kita punya.

Kuncinya, kedua belah pihak sebaiknya bergerak di bidang yang sama.

Jika masih bingung tentukan 2 poin ini saat ingin memakai influencer marketing, bisnis kita bergerak di bidang apa? Lalu, siapa influencer yang populer di bidang tersebut?

Dengan menjawab dua poin pertanyaan ini, kita akan bisa dengan mudah mendapatkan daftar influencer untuk diseleksi berdasarkan engagement rate dan jumlah followers seperti yang sudah dibahas pada poin di atas.

Perhatikan Track Record dari Influencer

4264133
Foto: 4264133

Jika ingin menggunakan jasa influencer, pertimbangan kita harus lebih luas. Kita harus memperhatikan juga rekam jejak atau track record influencer tersebut.

Pada tahap ini yang bisa dilakukan dengan mencari informasi di Google.

Hanya dengan menulis nama influencer yang ingin kita pakai, dari sana kita bisa mempelajari dan mendapatkan daftar topik yang berhubungan dengan influencer tersebut.

Kepopuleran influencer saja tidaklah cukup. Apapun yang terjadi pada influencer tersebut dan apapun yang mereka lakukan akan berimbas pada bisnis yang kita punya.

Jadi, jika influencer ini punya track record dan reputasi yang bagus, brand yang kita punya juga akan tumbuh dengan baik dan begitu pula sebaliknya. Jangan terburu-buru saat memilih influencer, luangkan waktu untuk mencari tahu dari track record influencer yang akan dipilih.

Baca Juga: Langkah Jitu Membuat Marketing Campaign pada Bisnis Anda

Sudah Siap Eksekusi Memilih Influencer yang Tepat?

Pasar digital adalah lahan yang hijau untuk pemasaran di masa kini dan akan semakin hijau juga di masa depan. Jadi jangan sia-siakan kesempatan untuk membangun brand awareness dengan engagement selagi potensi market sedang subur-suburnya.

Anda bisa menyesuaikan langsung influencer yang tepat bersama @IbuSibukcom. Disini Anda akan mudah dalam memilih influencer marketing sesuai dengan kebutuhan yang Anda inginkan.

Karena, IbuSibuk punya lebih dari 40.000 member Momfluencer yang siap membangun kredibilitas bisnismu semakin gemilang dan viral. Sampaikan kepada kami sekarang, dengan menghubungi kami disini.

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.